QS. Ali Imran : 3 : "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung. "
Alamat Akun
http://alfach.kotasantri.com
Bergabung
3 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Ciputat - DKI Jakarta
Pekerjaan
IT Consultant
Alfach adalah 'nama' lain dari Achmad Fachrie atau dikenal sebagai Fachri. Nothing special with me, just try to be my self dan mencoba meraih ridhaNya. Saya hanya seseorang yang biasa saja yang ingin belajar dan berkembang, yang ingin bergerak dan berkontribusi.
http://alfach.com
alfachrie
alfcah02
alfachrie@gmail.com
Tulisan Achmad Lainnya
Merangkak Kembali
23 April 2013 pukul 21:00 WIB
Yang Tidak Tertulis
7 Maret 2013 pukul 13:00 WIB
Ketika Bintang Tak Lagi Bercahaya
12 Oktober 2012 pukul 11:00 WIB
Waktu Tak Pernah Sama
14 September 2012 pukul 11:45 WIB
Tersembunyi
14 Agustus 2012 pukul 12:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Percik

Selasa, 30 Juli 2013 pukul 21:21 WIB

Ujian yang Berbeda

Penulis : Achmad Fachrie

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Segala yang berbeda berbanding lurus dengan yang didapatkan dan dimiliki oleh manusia. Apa yang kita dapatkan tidak terlepas dari yang sudah melekat pada diri kita. Perbedaan yang dimiliki memiliki perbedaan yang didapatkan.

Iman dan ujian merupakan bagian yang kita miliki dan kita dapatkan. Setiap manusia selain memiliki karakter yang berbeda-beda, begitu pula keimanan. Keimanan manusia memiliki tingkat yang berbeda-beda. Berdasarkan hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa tingkat keimanan memiliki ujian yang berbeda-beda. Semakin besar tingkat keimanan seorang, maka semakin besar pula ujian yang diberikan. Namun secara kasat mata, kita tidak bisa menilai besar-kecilnya sebuah ujian pada manusia. Seperti halnya kita tak mampu menilai tingkat keimanan seseorang.

“Manusia yang paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian orang-orang shaleh yang meneladaninya. Seseorang akan diuji menurut kekuatan imannya. Apabila imannya kuat, maka makin berat ujiannya. Apabila imannya kurang kuat, maka dia diuji menurut kadar kekuatannya. Dia akan diuji terus, sehingga (sampai) ia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih (tidak berdosa).” (HR. Tirmidzi).

Ujian merupakan bagian yang Allah SWT berikan kepada hambaNya sesuai dengan keimanan yang melekat pada manusia. Allah SWT memberikan ujian dan cobaan berdasarkan kemampuan hambaNya. Allah SWT tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hambaNya. Seberapapun sulit diberikan, Allah memberikannya sesuai dengan kadar kemampuan hambaNya.

Allah tidak selalu menjadikan kesusahan lambang dari ujian, karena keberlimpahan bisa menjadi pula sebuah ujian. Sebuah ujian memiliki arti barakah ketika yang terjadi apakah akan mendekatkan atau menjauhkan kita dari Allah.

Setiap orang memiliki ujiannya masing-masing, setiap orang berada pada ujian yang berbeda-beda. Kita mungkin tidak pernah merasakan ujian yang dilalui orang lain, begitupun mereka mungkin tidak pernah berada pada posisi kita rasakan yang dilalui saat ini.

Apa yang dibanggakan orang lain, mungkin tidak bisa menjadi kebanggaan milik kita. Namun begitu, di balik itu semua, kita insya Allah memiliki kebanggaan yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Allah Mahatahu atas segala yang tersembunyi dari segala ujian yang terberi. Atas segala yang terjadi dalam ujian yang menghampiri, mungkin air mata dan senyum datang silih berganti, namun sabar dan syukurlah yang melengkapi atas setiap ujian yang terjadi.

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya.” (HR. Muslim).

Wallahu a’lam bish-shawab.

http://alfach.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Achmad Fachrie sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Mundzakir | Teknisi Printer
Wah, udah beberapa tahun ane gak masuk KSC, sampe lupa account lama, akhirnya buat lagi. Tapi sekarang fasilitasnya dahsyat.
KotaSantri.com © 2002 - 2024
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.9180 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels