QS. Muhammad : 7 : "Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. "
Alamat Akun
http://elly.kotasantri.com
Bergabung
23 Desember 2010 pukul 21:21 WIB
Domisili
Samarinda - Kalimantan Timur
Pekerjaan
Jurnalis
nothing
http://ellysayangallah.blogspot.com
http://facebook.com/Elly Shoong ZShaank
http://twitter.com/@ellysayangallah
Tulisan Elly Lainnya
Ke Mana Dirimu?
19 Oktober 2011 pukul 17:00 WIB
Cintailah Ia dalam Diam
17 Oktober 2011 pukul 12:00 WIB
Jilbab, Apa Masalah?
13 Oktober 2011 pukul 13:30 WIB
Tawaku Terbuang
5 Oktober 2011 pukul 17:30 WIB
Mengerti
26 September 2011 pukul 14:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Senin, 7 November 2011 pukul 09:00 WIB

Selesainya Masalah tanpa Masalah

Penulis : Elly Kartika Sari

Percaya atau tidak, ternyata aku tidak pernah menyelesaikan semua masalahku. Sama sekali. Ya, sama sekali aku tidak pernah tahu menyelesaikan yang namanya masalah itu.

Lalu siapa yang menyelesaikan masalahmu, El?

Entahlah, yang kutahu, tiba-tiba masalah itu selesai begitu saja, pergi entah ke mana. Bisa kembali lagi bahkan ada yang tiada berbekas sama sekali.

Bingung?

Sama, aku pun begitu. Yang jelas, tak pernah satu masalahpun yang pernah aku selesaikan.

Loh kok bisa?

Ya, aku hanya bisa menjawabnya, ya bisa. Buktinya masalahku selesai tanpa pernah aku selesaikan.

"Hidup ini masalah, kalau tidak ada masalah bukan hidup namanya," begitu kata sahabatku. Terkadang masalah itu seperti menangisnya anak kecil, berhenti sendiri. Kadang masalah itu seperti ombak, saling menderu silih berganti. Belum selesai yang satu menghempas, tiba-tiba muncul lagi. Kadang masalah juga seperti fatamorgana, seolah-olah ada ternyata tidak ada.

Lalu kenapa bisa selesai begitu saja? Apa tidak ada usaha untuk menyelesaikannya?

Setiap dari kita pasti mempunyai tindakan untuk menyelesaikan, tetapi tetap saja tidak pernah selesai pada ujungnya. Tersadar bahwa benar-benar seorang tak berdaya, semua masalahku terselesaikan oleh kehendakNya. Semua masalahku diselesaikan oleh Allah, Dia-lah yang telah menuntaskannya.

"Ketika aku bermasalah dengan kehidupanku, aku hanya disuruh bersabar, ikhlas, tetap bersyukur, selalu istiqamah, jalani saja," begitu gumam hatiku.

Ternyata benar, segala upaya yang kita lakukan akan sia-sia jika tiada kesabaran, ketika menyelesaikan dengan tergesa-gesa. Ternyata benar, segala upaya yang kita lakukan akan sia-sia jika tiada keikhlasan, ketika menerima tidak dengan ketabahan. Ternyata semua akan tersia-sia tanpa rasa syukur dan selalu istiqamah dalam masalah itu, jalani saja. Semua akan baik-baik saja.

Kita tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah, selain Dia yang mengatur semuanya. Yang terpenting, ketika dihadapkan pada masalah, tetap bersabar menghadainya, ikhlaskan untuk menjalaninya, bersyukur dengan kedatangannya, istiqamah untuk tidak menempuh jalan keburukan, dan setialah dalam ketaqwaan. Selalu hanya itu yang bisa kita lakukan, selebihnya serahkan masalah kita pada Tuhan, Allahu Akbar.

http://ellysayangallah.blogspot.com

Suka
Nurliyanti menyukai tulisan ini.

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Elly Kartika Sari sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Ibu Hafif | Ibu RT
Webnya www.kotasantri.com bagus euy.
KotaSantri.com © 2002 - 2024
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.8017 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels