Sirah Umar, Ibnu Abdil Hakam : "Aku akan duduk di sebuah tempat yang tak kuberikan sedikit pun tempat untuk syaitan."
Alamat Akun
http://aarei.kotasantri.com
Bergabung
12 Juni 2009 pukul 22:58 WIB
Domisili
surabaya - jawa timur
Pekerjaan
kuliah,web developer
Tulisan Reiza Lainnya
Gemuruh Sang Ruh
14 April 2010 pukul 20:25 WIB
Bilik
Bilik » Dapur

Ahad, 9 Mei 2010 pukul 20:30 WIB

Tips Memasak yang Sehat

Penulis : reiza

Makanan bukan hanya pemenuh kebutuhan karena lapar, tapi juga sebagai asupan gizi agar tubuh tetap sehat. Namun, saat kita memasak, kadang kala tidak mengetahui apakah benar cara memasaknya bagi kesehatan atau tidak. Beberapa kesalahan dalam memasak bisa saja karena kebiasaan yang salah, yang disebabkan belajar memasak dari awalnya asal mengikuti saja, tanpa meninjau kenapa dan mengapa harus dimasak seperti itu.

Berikut adalah beberapa tips memasak yang sehat :

1. Jangan Menambahkan Vetsin atau Penyedap Rasa pada Makanan. Karena : a) Menurut para Chef terkenal, seseorang disebut jago masak karena kehebatan meramu bumbu dari tangannya sendiri. b) Menurut para dokter dan pakar nutrisi & gizi, makanan dapat memicu timbulnya penyakit kanker, yaitu yang mengandung senyawa karsinogen, seperti misalnya : Monosodium Glutamat (Penyedap Rasa), Natrium Benzoat (Pengawet Makanan), Borax atau Pijar (Pengenyal Makanan). (Ardhi 2010, Yayasan Peduli Kanker Indonesia).

2. Jangan Sering Memasak Makanan yang Digoreng, lebih baik direbus atau dibakar. Jika menggoreng ayam, gunakan minyak sekali pakai. Misalnya : Ayam goreng pertama digoreng di atas minyak yang baru dituangkan, itu lebih baik daripada ayam goreng kedua yang digoreng setelah ayam pertama di atas minyak yang sama.

3. Menggoreng yang Baik dengan Minyak Zaitun (Oilive Oil). Tetapi, minyak zaitun jangan terlalu lama bila dipakai untuk menggoreng dan menumis, karena kandungan omega 3-nya akan menjadi rusak dan akan menjadi minyak yang tidak baik.

4. Jika Memasak dan Terasa Asam, Tambahlah Garam. Karena garam yang bercampur asam akan menghasilkan rasa manis yang sedap, jadi jangan ditambah gula jika masakan atau minuman terlalu asam.

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan reiza sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Ridwan | Mahasiswa
Mari kita jalin silaturahmi dan ukhuwah di KSC ini. Mudah-mudahan kita semua dapat tambahan ilmu dan manfaat. Aamiin.
KotaSantri.com © 2002 - 2024
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.2042 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels