QS. Al-'Ankabuut : 64 : "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui."
Alamat Akun
http://ila.kotasantri.com
Bergabung
16 Maret 2009 pukul 18:56 WIB
Domisili
Semarang - Jawa Tengah
Pekerjaan
traveller
http://ilarizky.blogspot.com
http://facebook.com/ila.rizky
Catatan Ila Lainnya
Telaga yang kutemukan di bening matamu
25 Januari 2010 pukul 12:26 WIB
Membangun sekolah peradaban di rumah kita
25 Januari 2010 pukul 12:20 WIB
Dilarang merokok di tempat umum!
25 Januari 2010 pukul 12:19 WIB
Sekadar curahan hati; dilemma
25 Januari 2010 pukul 12:17 WIB
Dan, tidurlah dengan tenang Wahai Jiwa....:)
25 Januari 2010 pukul 12:12 WIB
Catatan
Senin, 25 Januari 2010 pukul 12:13 WIB
Apa esensi mahar menurutmu? (coret2an hasil diskusi keroyokan bareng temen2

Oleh Ila Rizky Nidiana

Dibawah ini ‘hanya’ coret2an hasil diskusi keroyokan bareng temen2 ttg tema esensi mahar, via sms... hehe... dah lama bgt sih, setahun yang lalu kalo gak salah... tp jadi inget lagi ttg bahasan ini, cz kmrn2 Asti janji postingin hasil analisis pemikirannya (ceileee...:D) >>tlsnnya bisa dilihat disini<<, makanya skrg baru inget dulu pernah diskusi ini, dan daripada coretan2annya awet nangkring di diary hijauku, mending dipindahin aja ke blog ini. :D


Ini nih pertanyaanku yang aneh bin ajaib tb2 kluar dr otakku. Alhasil, jadilah beberapa temen disms buat dimintain pendapat.
----oo0oo----

Assalamualaikum...maaf, mau tanya boleh? Sebenernya esensi mahar itu sendiri apa ya? Kadang ada orang yang memberi mahar aneh2, n pihak cew jg kdg minta mhr yang aneh jg. Lha, itu menyalahi esensi mahar ato g?
~iLa, 21 Nov ‘07

(ada beberapa orang yang aq ajukan pertanyaan detailnya bd dgn ini, tp aq lupa pertanyaanya gmn. Maap ya...Abis dah lama bgt gt... T_T)

----oo0oo----

dan ini dia beberapa jawabannya (enggg iingg eeengg...),
Kata Rasulullah: sebaik2 wanita adl wanita yg mudah u/ dinikahi dan ringan maharnya. Tidak menyulitkan lelaki yg ingin meminangnya.
Arin (19:58:41)

Boleh2 aja... kan lemari tahan lama. G hbs dipake. Loh, ya tserah cewnya dunk. Aneh bgt sekalipun. Ok. Tp ... mukminah yg baik, mnta mahar tuh, mahar yg g mberatkan cln suami.
David (20:00:36)

Mgkn boleh aja, de ila knpa kok tb2 tanya soal itu?
Mb Dian (20:01:56)

InsyaAllah stauku gpp asal yg lakinya ikhlas n mampu. Mahar itu boleh mnta , asal yg laki2 sanggup, dan yg laki2 b’hak u/ menolak kl g mampu. Wallahua’lam.
Mb Beta (20:08:51)

Waduwh,blm tllu mendalami :D cb aja lht arruum ayat 20an insyaAlloh
David (20:17:42)

Duh, maap td blm dikasih nm y. Beta. Maap, g da plsa jd plsa orang kumintain.Hehe...
Mb Beta (20:25:47)

Saking bgg yaudh mhr cm alat sholat aj. Kl da uang ma p’hiasan dll dimasukin k hadiah tok... gt... hehe... gmpg kan? Sbaik2 wnita yg mhrny murah to? Yg kutau gt siy...
Mb Beta (20:29:24)

Wah nanyane sepuluh rius ne say... mahar mrpkn syarat sahnya akad nikah. Wnta blh menentukan mahar pd calon pria. Tp rasul mengingatkan wanita u/ meringankan mahar. Sebaik2 wnta adl yg memudahkan maharnya dan sbaik2 pria adl yg memuliakan wanita. It’s mean jk pria mampu ngasi mahar yg lbih, why not? Gthu loh adkku. Hyoo dh mo nkh y..? ;>
Mb Ratih(20:29:48)

Wadow, ptnyaanmu aneh :D. Yg jls sunah rosul mhr jgn mberatkan pihak cow. Klo mhr aneh2 tp phk cow g kbrtn, g mslh, mnrtku lho
Mb Aliya (20:32:48)

Boleh jg yg aneh2 maharnya... mahar sgla benda yg bs disimpan, ga habis...
Arin (20:36:11)

Mahar bs macam bntuknya jg ada alat ibadah,uang, logam mulia, bhkan ada yg dg membaca surat dlm al Qur’an. Yg plg afdhol yg logam mulia spt emas... mengenai mahar yang aneh2, itu kreasi org skrg aja... sbnrnya g hrs gthu, tp msh boleh n sah... ok... mdh2an faham... Amiin...
Mb Ratih (20:44:57)

Klo esensinya mgkn...sbg bntuk kseriusan u/ meminang dan menyenangkan hati si calon isteri... baca buku fiqh sunnah aja deh.. yg ditanya jg ga lbh tau dr yg nanya...
Arin (20:45:33)

Mnurut q, mahar adl penunaian hak istri. Mahar adl hak mutlak wanita, tp agama mengajarkan sbaik2 wanita adl yg maharnya sdkt. Sorg laki2 wajib memberikan mahar. Dianjurkan banyak. Tp kemampuan tiap org laki2 bda. Dsinilah, slg menghormati & pngertian dimulai. Pemberian akan menyuburkan kasih sayang. Laki2 yg menunaikan mahar mendapat pahala wajib. Wanita yg mengikhlaskan mulia.
Mb Ika (20:46:29)

Mahar apapun blh. Asl clne mau &mmpu. Yg plg pntg tdk mberatkan clne. Spnjg sjrh, yg A tw, mhr plg brhrga adl keislaman...
081326940xxx (21:02:39)

Wa’alaikumsalam. Mahar/mas kawin? gpp perempuan minta mahar yang aneh2 asal g nyalahin syariat n bntknya ada... maaf, lg ngirit pulsa. He...
Mb Ratna (21:13:44)

----oo0oo----

Makasih ya buat yang udah kasih jawaban, mg iLa jadi paham ttg tema ini, :D Maap klo pertanyaannya kedengeran ‘aneh’ ditelinga kalian...Harap maklum, kan eike belooomm nikaaahh!! Jadi wajar dong kalo pertanyaannya neko2...wekekeke... (Btw, ada yang bisa nambahin pendapatnya gak? ^^ ditunggu ya jawabannya... ;D ) Buat kesimpulan tsln ini, analisis lebih dalam lagi ya, kalo aq, setuju jawabnnya Mb Ika, bisa dilihat sndri diatas. Buat yang gak setuju jg gak papa... ^^ Yukk marii...

“Berikanlah mas kawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. ”

(QS. An-Nisa: 4)


My Lovely Monesy, 23 Des ’08 : 19:03,

NB: Disambi nungguin Fitri sm Sitin beli pesenan nasi telor penyet spesial pedes bwt q! :D Dah lapeeeerrr berattt!! T.T

~saat sejuta pertanyaan masih berkelebat di dalam labirin otakku~


tulisan Asti tentang mahar bisa dilihat disini:

http://deraplangkahbiru.multiply.com/journal/item/78

Bagikan

--- 0 Komentar ---

Endang Supriatna, S.Pd. | Guru
Ingin bergabung pada web yang sangat bermanfaat bagi ummat ini. Semoga web ini benar -benar menjadi media ukhuwah dan penebar ilmu. Amien.
KotaSantri.com © 2002 - 2014
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.1327 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels