HR. Ahmad & Al Hakim : "Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. "
Alamat Akun
http://eri-puji.kotasantri.com
Bergabung
18 Mei 2009 pukul 21:03 WIB
Domisili
Probolinggo - Jawa Timur
Pekerjaan
swasta
http://www.aurajilbabayu.blogspot.com/
eri_11830
Tulisan Eri Lainnya
Ikan Bakar Bumbu Gula Merah
2 Agustus 2009 pukul 20:13 WIB
Pelangi
Pelangi » Keluarga

Sabtu, 8 Agustus 2009 pukul 17:07 WIB

Bunda, Aku Ingin Berjilbab

Penulis : eri puji istanti

Saat ini, gadis saya sudah berumur 2 tahun, tak terasa dia sudah semakin besar. Pola berpikirnya pun semakin berkembang. Suatu hari, ketika ada pengajian di rumah, anak saya bertanya, “Bunda, kalo ngaji akek bibab ya?” Tak berapa lama sebelum sempat saya menjawabnya, dia bertanya kembali, “Bunda kok akek bibab teyus?”

Setelah acara selesai dan kami sekeluarga duduk bersama sambil bersantai, saya menjelaskan kepadanya tentang pertanyaan tadi, simple saja saya menjawabnya. Saya letakkan dia di pangkuan sambil saya belai rambutnya. Begini saya menjawab pertanyaannya;

“Aura… Kalau ikut pengajian, kita harus berjilbab, karena Allah senang sekali melihat kita memakai jilbab. Apalagi kalau tiap hari kita berjilbab, Allah akan kasih duit dan rejeki yang banyak pada kita, terutama ayah, supaya Aura bisa beli jilbab lagi. Selain itu, kalau Aura memakai jilbab, pasti lebih cantik.“

Dengan sedikit penjelasan itu, anak saya tersenyum, alhamdulillah dia mengerti. Kemudian dia bilang kalau ingin berjilbab terus sampai dia besar. Kami sekeluarga tersenyum mendengarnya.

Bunda, marilah kita melatih putri-putri kita untuk mengenakan jilbab sejak dini. Karena itu merupakan kewajiban kita sebagai orangtua dalammemberikan contoh yang baik sesuai dengan syari'ah Islam. Anak kita merupakan amanah dari Allah, maka baik buruknya amanah tersebut tergantung dari kita sebagai orangtua.

Berikut beberapa tips dalam mengajak anak mengenakan jilbab sejak dini :

1. Jika anak bertanya seperti anak saya di atas, maka jawablah dengan sederhana dimana anak mudah memahami dan mengerti.

2. Melibatkan Allah SWT untuk mendidik anak-anak kita dalam menggenakan jilbab.

3. Mulai membiasakan melatih anak menggunakan jilbab sejak masih kecil.

4. Jilbab yang dipakai usahakan yang bernuansa anak-anak, sehingga dia tidak merasa bosan.

5. Pembelajaran dengan contoh dari keluarga terdekat, terutama ibunda, karena ibunda merupakan pendidik pertama bagi anak-anaknya.

6. Memberikan secara bertahap pengertian tentang pentingnya menutup aurat.

7. Memberikan lingkungan pergaulan anak yang Islami.

Demikian, bunda, sedikit sharing dari saya tentang bagaimana melatih anak untuk mengenakan jilbab sejak dini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

http://www.aurajilbabayu.blogspot.com/

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan eri puji istanti sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

al falamiy | pengajar
syukran for KSC, banyak ilmu yang dapat diambil dari KSC. teman KSC dari boyolali ada gak ya?
KotaSantri.com © 2002 - 2020
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0552 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels