Ibn Qudamah : "Ketahuilah, waktu hidupmu sangat terbatas. Nafasmu sudah terhitung. Setiap desahnya akan mengurani bagian dari dirimu. Sungguh, setiap bagian usia adalah mutiara yang mahal, tak ada bandingannya."
Alamat Akun
http://redaksi.kotasantri.com
Bergabung
2 Februari 2009 pukul 14:07 WIB
Domisili
Bandung - Jawa Barat
Pekerjaan
Cyber Mujahid
KotaSantri.com merupakan singkatan dari Komunitas Santri Virtual yang terdiri dari gabungan 3 elemen kata, yakni Kota, Santri, dan .com. Kota merupakan singkatan dari KOmuniTAs, yang artinya tempat, sarana, atau wadah untuk berkumpul. Santri merupakan sebutan bagi netter yang ingin berbagi dan menuntut ilmu melalui dunia maya (internet). Sedangkan .com adalah …
http://kotasantri.com
Tulisan Redaksi Lainnya
Orang yang Meninggalkan Usahanya
1 Oktober 2013 pukul 22:00 WIB
Berbicara kepada Anak-anak
28 September 2013 pukul 20:00 WIB
Faktor-Faktor yang Memperlemah Ulama
21 September 2013 pukul 21:00 WIB
Melissa Perez : Kagumi Ritual Shalat
19 September 2013 pukul 23:00 WIB
Mie Cha Cha
15 September 2013 pukul 23:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Risalah

Rabu, 2 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB

Substansi Qurban

Penulis : Redaksi KSC

Kata qurban dalam bahasa Arab berarti mendekatkan, tidak dikenal dalam istilah fiqih Islam sebagai kata yang bermakna penyembelihan hewan pada Idul Adha. Fiqih Islam menggunakan istilah dhahiyah atau udh-hiyah. Sebagian ulama mengistilahkannya dengan an-nahr diambil dari istilah Al-Qur'an surat Al-Kautsar ayat 2.

Ibadah qurban sudah dikenal sejak zaman Nabi Adam AS dengan perintah kepada putra-putranya (Qabil dan Habil) untuk mengorbankan dari hasil mata pencahariannya masing-masing. Kemudian dipertegas lagi oleh Nabi Ibrahim AS yang dengan kepasrahannya menyembelih putranya, Ismail. Syari'at qurban ini dilanjutkan Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya yang diriwayatkan Imam Tirmizi, "Aku diperintahkan menyembelih qurban dan qurban itu disunnahkan bagi kamu."

Sejatinya, ibadah qurban juga banyak mengandung pesan-pesan moral dan nilai-nilai pendidikan, antara lain, pertama, melatih kepatuhan dan kepasrahan total kepada Allah. Kalau Nabi Ibrahim AS dengan patuh dan tulus menyembelih putranya yang sangat disayangi, kita hanya diminta menyembelih hewan qurban yang dalam ketentuan fiqih harus bagus, besar, sempurna, dan tidak cacat. Namun bukan hewan qurbannya yang akan mendekatkan kita dengan Allah. "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan daripada kamulah yang dapat mencapainya." (QS. Al-Haj [22] : 37).

Kedua, menghilangkan nafsu bahimiyah (nafsu kebinatangan). Ketika hewan qurban jatuh ke bumi saat disembelih, seolah-olah putuslah sifat-sifat kebinatangan seperti serakah, kejam, penindas, egois, otoriter, dan sebagainya. Saat itu hendaknya si pequrban menyaksikannya sambil memanjatkan do'a kepada Allah agar dihindarkan dari sifat-sifat tersebut.

Ketiga, menumbuhkan sifat tawadhu dan menghilangkan sifat sombong atau takabur. Sebelum hewan qurban disembelih, pelaku qurban disunnahkan mengumandangkan kalimat takbir, tahmid, dan tahlil. Ini bermakna bahwa hanya Allah yang Mahabesar, yang patut disanjung dan dipuji, tiada tuhan selainNya.

Keempat, menanamkan rasa kasih sayang kepada orang lain. Karenanya daging qurban hendaknya dibagikan kepada sasaran yang tepat, yaitu para fakir miskin yang sangat membutuhkannya.

Kelima, menumbuhkan sifat dermawan. Ibadah qurban dilakukan berulang-ulang setiap tahun bagi yang mampu. Ini tiada lain sebagai proses pembiasaan dan pembelajaran, karena sesuatu yang diulang-ulang, lama-lama akan menjadi watak, tabiat, dan akan sulit untuk dihilangkan.

Saefudin Jaza - RoL

http://kotasantri.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Redaksi KSC sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Wuri Handayani | Mahasiswi
Tulisan teman-teman di KSC senantiasa selalu menjadi bahan inspirasi tarbiyah aku. Jazakillah khair.
KotaSantri.com © 2002 - 2021
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0557 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels