HR. Muslim : "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada sosokmu dan hartamu, tetapi Dia akan melihat kepada hatimu dan amalanmu."
Alamat Akun
http://alamaya.kotasantri.com
Bergabung
2 Februari 2009 pukul 14:07 WIB
Domisili
Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Pekerjaan
PNS (Pegawai Non Struktural)
Berkacamata, itulah aku. Orang lebih mengenalku dengan nama asliku, Dudung Kurnia Sundana, sebuah nama khas Sunda pemberian dari kakek dan bapak. Sedangkan Mujahid Alamaya adalah cybername-ku sebagai Ponggawa KotaSantri.com (KSC). Pria berperawakan kutilang alias kurus, tinggi, langsing (Itu sih kata orang) mempunyai hal yang unik, temenku bilang aku ini "Baby …
http://dekaes.com
mujahid.alamaya@kotasantri.net
mujahid.alamaya@kotasantri.net
mujahid.alamaya
mujahid.alamaya
http://facebook.com/alamaya
ponggawa.ksc@gmail.com
Tulisan Mujahid Lainnya
Hargai Kerja Keras Mereka
3 November 2013 pukul 19:19 WIB
Kembali kepada-Nya
28 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB
Ambil yang Baik, Buang yang Buruk
22 Oktober 2013 pukul 20:00 WIB
Firasat
16 Oktober 2013 pukul 20:00 WIB
Membangun Ekonomi Komunitas
10 Oktober 2013 pukul 19:19 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Sabtu, 9 November 2013 pukul 20:20 WIB

Berkaca pada Diri

Penulis : Mujahid Alamaya

Suatu hari, seorang teman membuat status di Facebook, tentang utang piutang. Intinya, ia menegaskan agar orang yang merasa berutang padanya segera melunasi utangnya tersebut. Entah ditujukan pada siapa status tersebut, namun yang pasti, ia merasa kesal pada orang yang berutang.

Dalam hati, saya bergumam, "Apa gak salah dengan status tersebut? Harusnya ia berkaca pada diri. Apakah ia sudah benar-benar bebas dari utang dan tidak ada kewajiban apapun untuk melunasi utang?" Karena faktanya, ia berutang pada saya dengan janji akan melunasinya pada waktu tertentu, tapi sampai saat ini belum ada pembayaran sama sekali.

Saya tidak mau mengungkit dan membahas hal tersebut, tapi benar-benar tergelitik dengan status teman saya itu. Saya hanya menarik nafas panjang, alangkah lebih baik jika ia, dan juga saya pribadi, untuk berkaca pada diri sebelum melakukan tindakan, termasuk melontarkan kata-kata.

Dengan berkaca pada diri sebelum bertindak, maka kita akan sadar bahwa ternyata kitapun memiliki kelemahan dan kekurangan, juga tidak akan luput dari yang namanya salah. Dengan berkaca pada diri, insya Allah kita akan terhindar dari sikap merasa lebih dibandingkan orang lain.

http://dekaes.com

Suka
Danny Savitra menyukai tulisan ini.

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Mujahid Alamaya sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Eko Prasetyo | Editor Bahasa
Tulisan-tulisan di KotaSantri.com bagus dan sering dijadikan acuan oleh banyak pembaca. Saya memahaminya karena kebetulan juga berkecimpung di media serta punya banyak teman pembaca KotaSantri.com.
KotaSantri.com © 2002 - 2019
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0566 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels