HR. Muslim : "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada sosokmu dan hartamu, tetapi Dia akan melihat kepada hatimu dan amalanmu."
Alamat Akun
http://jamilazzaini.kotasantri.com
Bergabung
24 Juni 2009 pukul 05:31 WIB
Domisili
Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Pekerjaan
Trainer
Jamil Azzaini adalah seorang trainer sekaligus Inspirator. Rekan-rekannya menyebut sebagai Inspirator Sukses Mulia. Julukan itu muncul didasari oleh kepiawaiannya mendorong orang untuk selalu meraih kehidupan terbaik: Sukses Mulia. Sukses adalah orang yang memiliki 4-ta (harta, tahta, kata dan cinta) yang tinggi, 4-ta itu diperoleh dengan memperhatikan etika dan agama yang …
http://jamilazzaini.com
http://facebook.com/jamilazzaini
http://twitter.com/jamilazzaini
Tulisan Jamil Lainnya
Waspadalah Para Wanita
7 November 2013 pukul 22:00 WIB
Sumpah Bukan Asal Sumpah
2 November 2013 pukul 20:20 WIB
Jangan Sepelekan yang Kecil
29 Oktober 2013 pukul 23:00 WIB
Jangan Tinggalkan Sisa
27 Oktober 2013 pukul 18:00 WIB
Untuk Apa Uang dan Hartamu?
25 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Jum'at, 8 November 2013 pukul 18:00 WIB

Modal Sosial

Penulis : Jamil Azzaini

Memberikan training hampir setiap hari, kadang membuat jenuh. Oleh karena itu, saya meminta waktu istirahat sejenak kepada tim saya untuk jeda, memutus rutinitas. Kesempatan ini saya gunakan untuk bertemu dan berguru dengan para pengusaha yang terus bertumbuh. Mereka maju karena rela bekerja keras, bersedia bersusah payah, berjibaku setiap waktu, dan jauh dari merengek-rengek meminta fasilitas dari pemerintah.

Saya ngobrol dengan mereka, makan bersama, menyerap ilmu dan energi untuk kemudian saya petik pelajaran sebagai bahan pelengkap untuk pembuatan proposal hidup yang baru. Insya Allah, 14 Januari 2014 saya akan berangkat umroh untuk mengajukan proposal hidup yang baru tersebut kepada Allah, Sang Mahatahu.

Dari semua pengusaha yang saya temui, saya mengambil kesimpulan bahwa mereka tumbuh karena modal sosial yang mereka bangun. Apa itu modal sosial? Kebaikan-kebaikan yang mereka lakukan tanpa pamrih kepada masyarakat sekitar. Karena modal sosial inilah, Mursida Rambe mendapat pinjaman mesin ketik, kantor, dan lain-lain saat ia mengawali bisnisnya membangun BMT Beringharjo. Bisnis yang bermula dari modal 1 juta rupiah itu, kini telah beraset 75 milyar rupiah.

Bukan hanya itu, karena kiprah, sepak terjang, dan kepeduliannya kepada masyarakat, saat pembukaan kantor BMT Beringharjo di Jogjakarta, Mursida Rambe berhasil menghadirkan Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk meresmikannya. Padahal, tidak ada perjanjian bisnis atau komitmen bisnis apapun dengan orang nomor satu di Jogjakarta ini.

Saat jeda kemarin, saya juga menyempatkan diri mampir ke tempat belajar mas Ali Akbar di Jogjakarta. Ia mendapat rumah yang begitu besar untuk digunakan sebagai tempat pendidikan para optimizer, karena modal sosial yang ia miliki. Ia senang membangun relasi, menolong dan membantu orang yang buta internet, juga berkomitmen mengoptimasi berbagai potensi untuk mengembangkan suatu propinsi.

Melengkapi perjalanan saya di Jogyakarta, Senin malam saya makan sate klathak, lalu Selasa siangnya saya menyantap sambal belut pak Sabar. Saat itu saya ditemani Among Kurnia Ebo dan Karman (pemilik Sidji Batik). Dari cerita dan kiprah mereka di dunia bisnis, saya semakin tahu bahwa mereka terus bertumbuh karena modal sosial yang mereka sebar dan tanamkan.

Hal itu terbukti, saat mereka saya ajak berkunjung ke Pesantren Yatim dan Dhuafa milik Andres Bahari, alumni Akademi Trainer, tanpa dikomando mereka menyelipkan amplop untuk pengembangan pesantren tersebut. Tentu yang saya saksikan itu hanya bagian yang sangat kecil dari modal sosial yang biasa mereka lakukan.

Bagi Anda pembaca yang ingin terus berkembang, baik karir dan bisnisnya, perbanyaklah modal sosial Anda. Melakukan kebaikan tanpa mendapat imbalan yang terlihat. Saat transaksi bisnis kita memang harus menghitung untung dan rugi, namun hal tersebut jangan terbawa saat bersahabat dan hidup bermasyarakat. Biarkan itu menjadi modal sosial Anda yang suatu saat akan menghasilkan dari arah yang tidak diduga. Percayalah.

http://jamilazzaini.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Jamil Azzaini sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Endang Supriatna, S.Pd. | Guru
Ingin bergabung pada web yang sangat bermanfaat bagi ummat ini. Semoga web ini benar -benar menjadi media ukhuwah dan penebar ilmu. Amien.
KotaSantri.com © 2002 - 2019
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0661 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels