HR. Bukhari : "Berhati-hatilah dengan buruk sangka. Sesungguhnya buruk sangka adalah ucapan yang paling bodoh."
Alamat Akun
http://shardy.kotasantri.com
Bergabung
1 Maret 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Dhoha -
Pekerjaan
Tulisan Syaifoel Lainnya
Dompet
12 Oktober 2013 pukul 20:20 WIB
Peninggalan Belanda Termahal
8 Oktober 2013 pukul 20:00 WIB
The Business Miracle of Silaturrahim
2 Oktober 2013 pukul 20:00 WIB
Respect : No Money
26 September 2013 pukul 19:00 WIB
Hanya yang Luar Biasa
20 September 2013 pukul 20:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Jum'at, 1 November 2013 pukul 20:00 WIB

Jangan Tunggu Sempurna

Penulis : Syaifoel Hardy

Saya sudah siap dengan dua kemungkinan akibat sebuah pengambilan keputusan. Berhasil atau tertunda. Berhasil, itu sudah jelas, harapan semua orang. Sementara tertunda, karena saya yakin bahwa tidak ada kamus kegagalan, sepanjang kita bersedia memperjuangkan setiap langkah.

Makanya, saya berani drop dari kuliah, saat duduk di semester tujuh. Berat memang. Tetapi, karena duit saya sendiri, bukan orangtua, maka saya merasa tanpa beban.

Bagi saya, kesempatan harus diambil, atau harus rela dicomot oleh orang lain. Waktu itu, ada tawaran kerja di luar negeri untuk yang pertama kali. Padahal, hanya untuk interview, yang belum ada jaminan lolos.

Ternyata benar dugaan saya, bahwa rencana rekrutmen tertunda. Padahal, saya sudah keluar dari status pegawai, sekaligus tidak kuliah lagi.

Saya tidak patah semangat. Hidup harus jalan terus dan diperjuangkan. Tidak harus menunggu sempurna untuk memulai banyak hal.

Saya mulai memberikan kursus, jalan dari satu kota ke kota lain, tanpa harus menunggu mengantongi gelar di depan dan belakang nama. Mengontak banyak teman. Menulis juga aktif saya kirimkan hasilnya ke berbagai media massa, karena memberikan income tambahan. Buka praktik keperawatan di desa terpencil tidak pula saya tinggalkan.

Ketika di luar negeri, alhamdulillah ada kesempatan untuk sekolah lagi, sementara banyak teman yang berpikir dua-tiga kali guna memulainya. Saya tekuni kuliah lagi tanpa harus menunggu gaji tinggi. Saya memulai memberikan guest lecture di beberapa kampus tanpa menunggu lulus dari universitas luar negeri. Saya keluar masuk, pindah-pindah kerja, di negara berbeda, tanpa menunggu pengalaman kerja ini seambreg.

Di Indonesia, di saat ratusan artikel sudah terkumpul, saya mulai bukukan sendiri dan marketing sendiri tanpa menunggu antrian penerbit sekelas Gramedia, apalagi menjadi penulis terkenal. Saya segera proklamasikan diri menjadi seorang Chief Executive Officer (CEO) tanpa ada selamatan atau penobatan dari orang lain. Bahkan, tanpa gedung yang tersedia secara fisik.

Saya melanglang ke sejumlah negara guna mencari pengamalan serta menuangkan dalam berbagai cerita tanpa harus menunggu punya duit banyak. Saya dirikan training online tanpa menunggu ada fasilitas lengkap. Saya berikan layanan konsultasi online sebelum memiliki website sama sekali! Saya mulai mengetuk ratusan pintu kesempatan sebelum datang permintaan!

Saudaraku....

Hikmah yang ingin saya tuangkan di sini adalah, mulailah segala sesuatu yang positif dalam diri anda tanpa menunggu anda menjadi seorang manusia sempurna. Setiap orang idealnya memimpikan segala sesuatu serba siap guna mengurangi risiko serta stres. Akan tetapi harus diakui, bahwa kesempurnaan tidak bakal dicapai kecuali sambil berjalan, sehingga kita tahu liku-liku perjalanan sebuah usaha/bisnis. Kesempurnaan sejati tidak bakal muncul begitu saja, jika anda tidak berani memulainya.

Nah, langkahkan kaki sekarang juga!

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Syaifoel Hardy sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Nia | Guru
KotaSantri.com top dech. Artikelnya bagus-bagus banget, sangat menyentuh kalbuku sampe berurai air mata membacanya dan sarat dengan hikmah. Bukankah hikmah adalah milik para mukmin yang tercecer? So, buruan gabung.
KotaSantri.com © 2002 - 2022
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0599 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels