HR. Ibnu Majah dan Abi Ad-Dunya : "Secerdik-cerdik manusia ialah orang yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling gigih membuat persiapan dalam menghadapi kematian itu."
Alamat Akun
http://arry_rahmawan.kotasantri.com
Bergabung
4 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Bogor - Jawa Barat
Pekerjaan
Creative Writer and Blogger
Arry Rahmawan lahir di Tangerang, 5 Desember 1990. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia. Saat ini kesibukannya sebagai penulis di http://arryrahmawan.net, berbagai jurnal, majalah, buletin, dan telah menerbitkan 5 buah buku. Pendiri dan direktur dari CerdasMulia Leadrrship and Training Center (cerdasmulia.com) ini juga aktif sebagai pembicara seminar nasional di berbagai daerah di …
http://arryrahmawan.net
contact@arryrahmawan.net
arry.rahmawan@gmail.com
arry_tiui09
arry.rahmawan@windowslive.com
arry.rahmawan@gmail.com
http://twitter.com/arryrahmawan
Tulisan Arry Lainnya
Cinta Ibu karena Allah
12 Oktober 2013 pukul 18:18 WIB
Sedikit Belajar dari JK Rowling
6 Oktober 2013 pukul 17:00 WIB
Logika Mendapatkan Rumah Mewah
30 September 2013 pukul 21:12 WIB
Menulislah Sekarang Juga!
27 September 2013 pukul 22:22 WIB
Pentingnya Memiliki Guru yang Tepat
24 September 2013 pukul 20:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Jum'at, 18 Oktober 2013 pukul 19:00 WIB

Counting Blessing and Happiness

Penulis : Arry Rahmawan

Saat kemarin sedang mempersiapkan karya tulis untuk persiapan lomba mahasiswa istimewa berprestasi, iseng-iseng saya bertanya pada sahabat saya di Fakultas Psikologi tentang apa tema karya tulis yang ingin dipersiapkannya. Dia kemudian memberitahu saya bahwa dia masih bingung ingin membawa tema yang mana. Dia memiliki banyak sekali topik yang menarik, salah satu topik yang menarik keingintahuan saya adalah topik mengenai Counting Blessing dalam kaitannya meningkatkan kebahagiaan dan mencegah seseorang untuk bunuh diri.

Counting Blessing sendiri secara sederhana dapat dijelaskan dengan selalu mengingat dan membiasakan menghitung berapa besar nikmat yang kita miliki serta berapa besar nikmat yang sudah kita terima. Hal ini ternyata berdampak cukup signifikan, khususnya bagi para pelajar sekolah, mereka menjadi lebih semangat belajar, terbuka, dan berprestasi, karena dalam kelas para guru menerapkan metode counting blessing ini.

Caranya sederhana, guru-guru tersebut sebelum mulai membuka pelajaran, menyuruh murid-muridnya untuk menulis di selembar kertas, "Apa kegiatan yang membuatku tersenyum selama 2 hari terakhir?" Atau, "Alasan apa yang membuatku harus tetap hidup? Berapa besar kenikmatan yang kuterima tetapi tidak diterima oleh yang lain?" Ternyata respon mereka sangat luar biasa dan mereka menjadi lebih bersyukur terhadap hidup mereka.

Sahabat, hal ini persis bisa kita tiru dalam kehidupan kita. Seberapapun kita jatuh, ingatlah bahwa masih terlalu banyak hal yang bisa kita syukuri. Counting Blessing, hitunglah berapa besar nikmat dan karunia yang telah kita terima setiap harinya. Sahabat, tidak peduli bagaimana kita jatuh, tetapi di satu sisi kita masih punya banyak sekali hal untuk kita syukuri keberadaannya, bukan?

Bagaimana kalau setiap mengawali hari kita mencoba membiasakan untuk counting blessing, atau menghitung nikmat dan meningkatkan rasa syukur? Allah menitipkan berbagai macam kesempatan dan potensi yang besarnya luar biasa pada diri kita, hanya saja ketika kita sedang gagal, kita cenderung berfokus pada kegagalan kita. Padahal Allah sudah menjanjikan jika kita menjadi orang yang dipenuhi rasa bersyukur, niscaya Allah akan mengirimkan nikmatNya dengan lebih banyak lagi. Justru ketika kita merasa sebagai orang yang serba kurang, kita tidak akan pernah mendapatkan apapun. Jika saya disuruh menyebutkan satu kata yang menggambarkan kebahagiaan, maka saya akan langsung menjawab, "Bersyukur."

http://arryrahmawan.net

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Yussi | Karyawati
Subhanallah sekali bisa bergabung di KotaSantri.com. Barakallah...
KotaSantri.com © 2002 - 2022
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0505 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels