QS. An-Nahl : 97 : "Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."
Alamat Akun
http://jamilazzaini.kotasantri.com
Bergabung
24 Juni 2009 pukul 05:31 WIB
Domisili
Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Pekerjaan
Trainer
Jamil Azzaini adalah seorang trainer sekaligus Inspirator. Rekan-rekannya menyebut sebagai Inspirator Sukses Mulia. Julukan itu muncul didasari oleh kepiawaiannya mendorong orang untuk selalu meraih kehidupan terbaik: Sukses Mulia. Sukses adalah orang yang memiliki 4-ta (harta, tahta, kata dan cinta) yang tinggi, 4-ta itu diperoleh dengan memperhatikan etika dan agama yang …
http://jamilazzaini.com
http://facebook.com/jamilazzaini
http://twitter.com/jamilazzaini
Tulisan Jamil Lainnya
Sombong itu Tak Terasa
27 September 2013 pukul 19:19 WIB
Izinkan Bapak Belajar
21 September 2013 pukul 19:00 WIB
Sekretaris Bangsawan
17 September 2013 pukul 23:00 WIB
Mungkinkah?
15 September 2013 pukul 21:00 WIB
Mengingat Mati, Justru Dapat Rezeki
9 September 2013 pukul 20:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Kamis, 3 Oktober 2013 pukul 19:00 WIB

Tacit Knowledge

Penulis : Jamil Azzaini

Salah satu masakan yang menjadi favorit saya adalah masakan yang dibuat oleh ibu atau adik saya. Suatu ketika saya mengajak asisten rumah tangga di rumah ikut ke rumah orangtua saya di Lampung untuk belajar cara memasak versi ibu saya, baik formula bumbunya maupun cara mengolahnya. Selama beberapa hari, semua ilmu memasak ibu saya diajarkan tanpa ada yang disimpan.

Setelah pulang ke Bogor, asisten rumah tangga saya mempraktekkan ilmu yang diperoleh dari ibu saya. Hasilnya? Rasa masakannya tetap beda dan tak pernah sama dengan bikinan ibu.

Dalam khasanah dunia intelektual, hal tersebut disebut tacit knowledge, ilmu yang sulit untuk diturunkan. Bukan maksud sumber ilmu untuk menyimpan ilmu tersebut, tetapi memang tabiat ilmu tersebut yang sulit ditiru orang lain.

Oleh karena itu, jangan pelit berbagi ilmu. Semakin banyak ilmu yang Anda bagi, semakin banyak ilmu yang Anda dapatkan. Lho, kok bisa? Ya, alasannya sebelum berbagi ilmu, Anda akan memperdalam ilmu tersebut. Saat berbagi ilmu, Anda akan mendapat feedback dari orang lain yang punya ilmu. Setelah berbagi ilmu, Anda akan merenungkan dan mencari tahu ilmu baru untuk memperkaya ilmu yang sudah Anda tahu.

Itulah salah satu alasan mengapa saya mengkader banyak trainer. Semakin sering saya berinteraksi dan mengeluarkan “jurus-jurus”, ternyata saya mendapat “jurus” baru yang lebih bernas dan berkualitas. Saya memperoleh banyak hal baru dari para trainer yang baru sekalipun.

Selain itu, saya sangat yakin bahwa rezeki tidak akan pernah tertukar. Saya tak pernah khawatir rezeki saya “diambil” oleh trainer-trainer yang saya kader. Sebaliknya, yang saya rasakan rezeki justru mengalir lebih deras setelah lahir banyak trainer yang saya kader.

Bagi Anda yang berkarir, turunkanlah ilmu Anda kepada orang-orang yang Anda pimpin. Tak perlu khawatir jabatan Anda diambil alih oleh mereka. Bagi para pengusaha, tularkan ilmu Anda kepada pengusaha lain yang membutuhkan. Bagi Anda para ahli atau expert, bagilah ilmu Anda bila Anda ingin semakin expert. Setuju?

http://jamilazzaini.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Jamil Azzaini sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Widia | guru
Semailah hikmah dengan berpikir, tumbuhkan hikmah dengan menulis, dan petiklah hikmah dengan membaca. Semuanya bisa dilakukan di KotaSantri.com. Tampilannya keren, biru menyejukkan. I like it! Tulisannya sederhana, indah, dan sarat makna. Bisa nulis dan bisa baca juga. Semoga selalu memberikan manfaat bagi pengunjungnya.
KotaSantri.com © 2002 - 2022
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0498 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels