QS. Muhammad : 7 : "Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. "
Alamat Akun
http://arry_rahmawan.kotasantri.com
Bergabung
4 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Bogor - Jawa Barat
Pekerjaan
Creative Writer and Blogger
Arry Rahmawan lahir di Tangerang, 5 Desember 1990. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia. Saat ini kesibukannya sebagai penulis di http://arryrahmawan.net, berbagai jurnal, majalah, buletin, dan telah menerbitkan 5 buah buku. Pendiri dan direktur dari CerdasMulia Leadrrship and Training Center (cerdasmulia.com) ini juga aktif sebagai pembicara seminar nasional di berbagai daerah di …
http://arryrahmawan.net
contact@arryrahmawan.net
arry.rahmawan@gmail.com
arry_tiui09
arry.rahmawan@windowslive.com
arry.rahmawan@gmail.com
http://twitter.com/arryrahmawan
Tulisan Arry Lainnya
Komitmen sebagai Pembelajar
2 Agustus 2013 pukul 22:00 WIB
Memanfaatkan Waktu Luang
1 Agustus 2013 pukul 18:18 WIB
Belajar Membentuk Hidup Seimbang
27 Juli 2013 pukul 20:20 WIB
Sumber Kebahagiaan Hidup
26 Juli 2013 pukul 20:00 WIB
Bermitra dengan Allah
20 Juli 2013 pukul 19:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Rabu, 7 Agustus 2013 pukul 21:00 WIB

Pentingnya Membangun Expertise

Penulis : Arry Rahmawan

Saat kita mendengar nama BJ Habibie, kita akan langsung teringat bahwa beliau adalah mantan presiden RI sekaligus cendekiawan jenius yang sangat ahli di bidang dirgantara. Saat mendengar seorang yang bernama Sule, kitapun akan langsung teringat bahwa kang Sule ini merupakan seorang komedian handal yang mampu memancing gelagak tawa orang-orang yang menontonnya.

Jika nama kita didengar oleh orang lain, hal apa ya yang kira-kira akan teringat oleh mereka? Bahkan mungkin kita bisa sedikit ngeri jika ternyata yang diingat bukanlah hal-hal baik, namun justru hal-hal buruk dari diri kita.

Suatu hal yang kita ahli, menguasai, dan menjadi pembeda antara kita dengan yang lain dapat juga disebut sebagai expertise. Memiliki expertise dapat berarti memenangkan satu langkah persaingan karena jika nama kita disebut, maka kelebihan kitalah yang kemudian akan dimunculkan. Jika seseorang membutuhkan orang yang sesuai dengan expertise kita, maka tentu mereka tidak akan ragu untuk memanggil kita.

Hal ini berbeda dengan orang yang tidak memiliki expertise. Ada orang yang mengatakan, “Saya adalah seorang generalis,” namun yang dimaksud dengan generalis pun adalah seorang yang memiliki expertise dalam bidang tertentu dengan cakupan yang lebih luas.

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan segala potensi dan kelebihannya masing-masing. Seringkali, seseorang yang belum memiliki expertise hidup di dalam bayang-bayang orang lain. Iri dengan kehidupan yang diterima orang lain, tanpa sadar bahwa sebenarnya dirinya juga memiliki potensi yang dahsyat.

Otak manusia tidak diciptakan untuk menerima semua hal (walaupun bisa, tetapi waktunya tidak cukup), maka gunakanlah untuk mengasah potensi dan bakat Anda menjadi expertise. Era informasi yang begitu deras saat ini juga menjadi ancaman untuk kita apabila kita tidak tahu ingin membangun expertise di mana karena kita juga tidak tahu informasi apa yang cocok dan tepat untuk kita pelajari. Berbeda jika kita sudah menetapkan hati untuk membangun expertise tertentu, dengan segala informasi yang mudah didapat, kita akan lebih fokus dan tajam dalam mengolah informasi yang memperkuat expertise diri kita.

Expertise apa yang Anda miliki? Jika belum ada, apa expertise yang ingin Anda bangun?

http://arryrahmawan.net

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

aisy_me | Karyawan Swasta
Bagus-bagus tulisannya, menambah semangat dan inspirasi. :)
KotaSantri.com © 2002 - 2023
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0488 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels