HR. Ibnu Majah dan Abi Ad-Dunya : "Secerdik-cerdik manusia ialah orang yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling gigih membuat persiapan dalam menghadapi kematian itu."
Alamat Akun
http://kopiradix.kotasantri.com
Bergabung
1 Mei 2009 pukul 23:11 WIB
Domisili
Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Pekerjaan
Mahasiswa
Tulisan Muhammad Lainnya
Pelajaran Berharga di Antara Kesejukan Alam
15 Juli 2013 pukul 21:00 WIB
Waduk Pulomas, Riwayatmu Dulu
9 Juli 2013 pukul 21:00 WIB
Satu Kata
8 Juli 2013 pukul 23:00 WIB
Dilema Superblok Ibu Kota
3 Juli 2013 pukul 20:00 WIB
Renungan Setelah Ditegur Petugas Keamanan
27 Juni 2013 pukul 20:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Ahad, 21 Juli 2013 pukul 20:20 WIB

Belajar Berjiwa Besar

Penulis : Muhammad Nahar

Multipy adalah situs jejaring sosial pertama yang saya kenal. Di sinilah saya mengasah kemampuan saya menulis dan juga bersosialisasi. Yang namanya bersosialisasi itu memang perlu jiwa besar, keyakinan, dan keberanian. Apalagi kalau sudah menyangkut SARAP (Suku, Agama, Ras, Anatomi, dan Politik). Kelima hal tersebut memang bisa jadi sumber konflik dan perdebatan tak berujung pangkal, dan saya sendiri sempat beberapa kali mengalami. Selain itu, terkadang masalah pribadi dan antar pribadi pun bisa mempengaruhi eksistensi seseorang di Multiply.

Bahkan, sempat juga terpikir untuk meninggalkan Multiply, namun ternyata di dalam hati masih merasa ada yang perlu disampaikan. “Listen to your heart, when it’s calling for you,” begitu tersebut dalam lyric sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Roxette, begitulah kira-kira apa yang saya alami. Sehingga, walau sempat beberapa kali terpikir untuk meninggalkan Multiply dan segala yang ada di dalamnya, saya merasa bahwa saya masih harus tetap bertahan di sana.

Jiwa yang besar membuat kita mampu memahami segala macam kenyataan yang ada di depan mata tanpa melakukan denial atau penyangkalan. Kita percaya bahwa Allah SWT tidak akan menjadi apapun yang ada di dunia ini secara sia-sia. Apalagi bukankah kita telah membenarkan pernyataan Allah dalam surah Al-Imran ayat 191, “Tidaklah Kau jadikan semua ini sia-sia belaka.” Akan selalu ada nilai-nilai pendidikan di dalam setiap kejadian dalam kenyataan, betapapun pahit dan getirnya. Sementara keyakinan dan keberanian membuat kita mampu bertindak untuk memperbaiki apapun yang ada dalam jangkauan kita. Namun terkadang kita tidak cukup bijak untuk membedakan mana yang bisa kita perbaiki dan mana yang tidak.

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Muhammad Nahar sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Vitra | Exim Staff
Sangat hebatzzz, KSC!
KotaSantri.com © 2002 - 2024
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 5.3568 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels