Umar bin Abdul Aziz : "Jika engkau bisa, jadilah seorang ulama. Jika engkau tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Bila engkau tidak bisa menjadi seorang penuntut ilmu, maka cintailah mereka. Dan jika engkau tidak mencintai mereka, janganlah engkau benci mereka."
Alamat Akun
http://febrian.kotasantri.com
Bergabung
28 Maret 2011 pukul 00:07 WIB
Domisili
Surabaya - Jawa Timur
Pekerjaan
Mahasiswa
http://febrianhadi.wordpress
febrianhadi
http://facebook.com/Febrian Hadi Santoso
http://twitter.com/febrianhadi
Tulisan Febrian Lainnya
Pola Hidup
29 Maret 2013 pukul 22:30 WIB
Kau ke Mana?
27 Maret 2013 pukul 22:00 WIB
Mawar Merah Marun
13 Maret 2013 pukul 13:30 WIB
Patuhlah pada Aturan
12 Maret 2013 pukul 09:00 WIB
Menyapa Malam
27 Februari 2013 pukul 15:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Rabu, 10 April 2013 pukul 19:00 WIB

Terus Belajar

Penulis : Febrian Hadi Santoso

Terbilang cukup lama tidak menulis lagi di rumah virtual ini sejak sulit login dua bulan lalu. Kurangnya membaca akhir-akhir ini seakan-akan tertutup dari inspirasi dan imajinasi yang kemudian di-share di rumah virtual ini. Namun kurang elok rasanya bila menyalahkan keadaan, sedang niatan belum pernah dilakukan. Beruntung segera kusadari bahwa diri ini haruslah tetap belajar. Teringat pada pesan sang guru bahwa; “Belajar itu bukan untuk sesiapa yang berstatus pelajar, namun jua status yang di luar itu.”

Benar rasanya bila ilmu adalah cahaya. Tanpanya kita adalah jiwa-jiwa yang kelam. Oleh sebab itu, menuntut ilmu adalah hal yang wajib, begitu sabda nabi. Belajar sesuatu memang ada tahapannya, namun belajar dari awal terkadang memang dibutuhkan, sebab akan menambah pemahaman atas apa-apa yang terlewatkan.

Nasihat lain berkata; “Bila kau temui sebuah ilmu lalu kau berkata ‘aku sudah tahu’, maka belajarlah lagi, sebab kau tak memahami apa-apa yang dikandungnya.” Ada yang menggelitik pikiranku pada kata ‘aku sudah tahu’. Memang kata tersebut sering terlintas dalam pikiran meski tak sampai terucap dalam lisan. Mungkin ini yang disebut tembok penghalang para pendulang ilmu untuk memahami. Sungguh dalam mendulang ilmu, wahai diri, harus memahami adab menuntut ilmu.

http://febrianhadi.wordpress

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Febrian Hadi Santoso sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Maharandi | Karyawan
Syukur alhamdulillah, sejak pertama kali membaca tulisan-tulisannya, saya langsung tertarik, karena materinya beragam dan terkadang mendatangkan inspirasi baru. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan hidayahNya kepada kita semua.
KotaSantri.com © 2002 - 2022
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0409 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels