HR. Bukhari : "Berhati-hatilah dengan buruk sangka. Sesungguhnya buruk sangka adalah ucapan yang paling bodoh."
Alamat Akun
http://f_abubakar.kotasantri.com
Bergabung
6 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Matsudo - Chiba
Pekerjaan
PNS
Tulisan Fithriyah Lainnya
Masih Dapat Berbagi
5 Desember 2012 pukul 10:00 WIB
Sahabat
29 Agustus 2012 pukul 14:15 WIB
Senja di Metromini
30 Juli 2009 pukul 16:09 WIB
Ketulusan Hati Plongo
3 Mei 2009 pukul 18:11 WIB
Terima Kasih, Allah
1 Mei 2009 pukul 20:06 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Rabu, 12 Desember 2012 pukul 10:00 WIB

Ketika Harus Memilih

Penulis : Fithriyah Abubakar

Hampir 2 tahun sudah kujalani hidup di negara Sakura. Banyak pengalaman yang terjadi dan berbeda jauh dengan periode pertamaku tinggal di sini, beberapa tahun sebelumnya. Kondisi lingkungan yang berbeda (tidak tinggal di asrama), sedikitnya teman senegara yang tinggal di lingkungan terdekat, dan letak kampus yang berjauhan dari rumah, membawa berbagai hikmah tersendiri bagiku.

Hikmah terpenting yang didapatkan adalah, keterbatasan kondisi ini membuatku memiliki semakin banyak teman, tidak hanya di dunia maya, tetapi juga di dunia nyata (yang sebagian juga berasal dari dunia maya). Kok bisa? Ya, karena sendirian di daerah tak bertuan begini, jadinya aku lebih akrab bergaul dengan dunia maya. Di sini kutemukan berbagai komunitas yang lambat-laun menjadi bagian dari komunitasku di dunia nyata. Dari sini pula kutemukan banyak teman baru, dengan pandangan baru, dan berbagai pengetahuan baru, yang akhirnya berujung pula pada amanah baru, sebagai rangkaian dari berbagai amanah sebelumnya.

Semuanya kujalani dengan senang, karena berbagai amanah ini membuat hidup jadi semakin berwarna, penuh makna, dan tidak monoton. Namun sayangnya, saat ini baru kusadari, bahwa sebentar lagi babak akhir penentuan studiku akan tiba.

Konsentrasi penuh ke studi, sebagai amanah pertama yang kuemban sejak hadir di negara Sang Samurai ini, kembali meraih perhatian. Tibalah saatnya di mana waktu tak cukup bagi semua amanah yang diterima, dan kembali prioritas harus bicara. Amanah dari orang tua tercinta, sahabat, kerabat, maupun teman terdekat, harus kembali ditata, dan yang terpenting dari itu semua, tanggung jawab pribadi atas kehadiranku di sini.

Dengan berat hati, harus kuakui bahwa kelapangan waktu sudah tak lagi dimiliki, sementara gerbang terakhir menanti untuk secepatnya dilalui. Pergantian bahasan di awal tahun kedua adalah penyebab dari menumpuknya target yang harus kuselesaikan di tahun terakhir ini.

Satu-satunya cara, hanyalah kembali mengalokasikan waktu seiring prioritas, dan terpaksa melepaskan amanah-amanah yang tak mungkin lagi dapat tertunaikan, tanpa mengorbankan sang amanah pertama. Mohon dimaafkan untuk meletakkan tanggung jawab di tengah jalan, namun pada saat ini waktu buatku adalah sebuah kemewahan. Pada akhirnya, kenyataan berbicara bahwa aku bukanlah Hermione yang bisa membalikkan waktu, dan kembali menapaki semua dimensi yang terlewat di masa lalu�. Semoga Allah SWT memberikanku kesempatan dan kekuatan untuk menyelesaikan berbagai amanah utama ini, Amiiin…

***

”Manfaatkanlah lima (keadaan) sebelum (datangnya) lima (keadaan yang lain) : Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum waktu sempitmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan kayamu sebelum miskinmu” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).Nishi Chiba, 28 Juli 2007

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Fithriyah Abubakar sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Syahroni | Swasta
Subhanallah, KSC sangat bermanfaat bagi seorang hamba yang ingin menjalin silaturahim guna mencari keberkahan hidup. Saya juga berharap kiranya media ini bisa membantu saya dalam mengelola panti pendidikan anak-anak yatim.
KotaSantri.com © 2002 - 2022
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0397 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels