Tazakka : "Perjuangan itu artinya berkorban, berkorban itu artinya terkorban. Janganlah gentar untuk berjuang, demi agama dan bangsa. Inilah jalan kita."
Alamat Akun
http://alamaya.kotasantri.com
Bergabung
2 Februari 2009 pukul 14:07 WIB
Domisili
Jakarta Selatan - DKI Jakarta
Pekerjaan
PNS (Pegawai Non Struktural)
Berkacamata, itulah aku. Orang lebih mengenalku dengan nama asliku, Dudung Kurnia Sundana, sebuah nama khas Sunda pemberian dari kakek dan bapak. Sedangkan Mujahid Alamaya adalah cybername-ku sebagai Ponggawa KotaSantri.com (KSC). Pria berperawakan kutilang alias kurus, tinggi, langsing (Itu sih kata orang) mempunyai hal yang unik, temenku bilang aku ini "Baby …
http://dekaes.com
mujahid.alamaya@kotasantri.net
mujahid.alamaya@kotasantri.net
mujahid.alamaya
mujahid.alamaya
http://facebook.com/alamaya
ponggawa.ksc@gmail.com
Tulisan Mujahid Lainnya
Selalu Ada Jalan
27 Desember 2013 pukul 19:00 WIB
Setidaknya, Takutlah pada Allah SWT
21 Desember 2013 pukul 20:00 WIB
Tamu adalah Salah Satu Pintu Rezeki
15 Desember 2013 pukul 21:00 WIB
Berniaga dengan Orang Terdekat
9 Desember 2013 pukul 18:00 WIB
Petunjuk dari Allah SWT
3 Desember 2013 pukul 19:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Refleksi

Senin, 2 Februari 2009 pukul 03:20 WIB

Tak Kenal Maka Ta'aruf

Penulis : Mujahid Alamaya

Tak kenal maka ta'aruf. Itulah mungkin ungkapan yang sering kita dengar. Kalau kita tidak kenal dengan seseorang, maka berkenalanlah (ta'aruf) dengannya agar terjalin tali silaturrahim. Begitu juga dengan saya, yang saban hari selalu beraktivitas di dunia maya, selalu berta'aruf dengan siapapun yang baru saya kenal, baik lewat web, blog, chat, maupun e-mail.

Bermula dari ta'aruf itulah, alhamdulillaah, kini saya mempunyai banyak teman di beberapa wilayah, khususnya di wilayah Indonesia. Mungkin karena saya aktif sebagai admin KotaSantri.com (KSC) dan menjadi pengurus di Klab Santri (Keluarga Besar Netter KotaSantri.com), saya jadi sering berinteraksi dengan orang-orang yang tergabung sebagai anggota KSC maupun netter lainnya.

Selama ini, saya akrab dengan beberapa orang di dunia maya, baik dengan mereka yang pernah bertemu (kopi darat) maupun yang belum pernah bertemu sama sekali. Dari waktu ke waktu, teman-teman dari dunia maya bertambah terus. Bahkan beberapa orang menjadi teman akrab saya. Dan kini menjadi semakin akrab dalam kehidupan di dunia nyata.

Dalam berinteraksi dengan mereka, terutama yang pernah bertemu langsung, berbagai hal sering didiskusikan, termasuk uneg-uneg untuk mengadakan sebuah kegiatan. Dan alhamdulillaah, melalui wadah Klab Santri, saya dan juga teman-teman yang lain sudah beberapa kali mengadakan berbagai kegiatan real, salah satu di antaranya adalah kegiatan sosial.

Subhanallaah, ternyata sesuatu yang berawal dari obrolan di dunia maya bisa menjadi sebuah kegiatan real yang bermamfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Banyak sekali hal positif yang didapat ketika saya berinteraksi dengan mereka, terutama setelah bertatap muka langsung di berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Klab Santri.

Hal tersebut membuktikan, jika niat kita baik ketika berta'aruf, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, insya Allah hasilnya akan baik pula. Jangan merasa canggung atau minder untuk memulai ta'aruf dengan orang yang belum kita kenal. Dan ketika berta'aruf, luruskanlah niat kita, karena niat yang lurus insya Allah akan berbuah kebaikan.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al-Hujuraat : 13).

http://dekaes.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Mujahid Alamaya sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Wuri Handayani | Mahasiswi
Tulisan teman-teman di KSC senantiasa selalu menjadi bahan inspirasi tarbiyah aku. Jazakillah khair.
KotaSantri.com © 2002 - 2021
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0599 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels