QS. Luqman:17 : "Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). "
Alamat Akun
http://masekoprasetyo.kotasantri.com
Bergabung
5 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Surabaya - Jawa Timur
Pekerjaan
Editor Jawa Pos
Seorang pecandu berat wedang kopi, tapi antirokok. Arek Suroboyo yang besar di Bekasi. Pengagum berat kebesaran Allah ini hobi sepak bola dan melempar senyum. Pemuda yang doyan kacang ijo ini juga pegiat baca buku. Bergelut dengan naskah dan tata bahasa adalah tugasnya sehari-hari sebagai editor bahasa Jawa Pos.
http://samuderaislam.blogspot.com
Tulisan Eko Lainnya
Menjadi Perajin Kata
8 November 2013 pukul 21:00 WIB
Menyembelih Kekikiran
26 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB
Nikmatnya Menulis setelah Tahajud
20 Oktober 2013 pukul 18:00 WIB
Tambah Tua Tambah Mesra
14 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Pernik

Ahad, 24 November 2013 pukul 19:00 WIB

Selamatkan KKPK!

Penulis : Eko Prasetyo

Nama lengkapnya Jayarenggana Zakaria. Namun, di sekolahnya, SMA 007 ia lebih suka disapa Jay-Z. Ia aktif di kegiatan ekstrakurikuler hip-hop.

Jay-Z merasa nyaman dan senang dengan mengikuti ekskul hip-hop. Alasannya, ia bisa bebas mengekspresikan jiwa muda lewat kegiatan yang positif. Juga menghasilkan uang.

Itu lantaran sesekali ia manggung dari warteg ke warteg untuk menyanyikan lagu-lagu hip-hop populer. Tak jarang ia mengombinasikan unsur-unsur musik etnik tradisional sehingga dengan cepat Jay-Z mendapat tempat di hati para pendengarnya.

Di sisi lain, Jay-Z mendirikan UMKM (Usaha Menyanyi Keliling Menteng) untuk mendukung karirnya di bidang musik. Ia pun menjadi kebanggaan ayah dan bundanya karena sudah bisa memperoleh penghasilan sendiri meski masih muda.

Pagi itu sebelum berangkat ke sekolah, ia menerima telepon dari sahabatnya, Abraham Soulmate.

”Jay, tolongin gue dong,” ucap Soulmate.

”Mang napa Bro?” tanya Jay-Z.

”KKPK (Komunitas Kribo Pemberantas Kutu)

ditekan terus untuk tidak terlalu frontal memberantas kutu,” tutur Soulmate.

”Terus, apa gue mesti koprol dan bilang wooow gitu. Guling-guling dari lantai tiga ke lantai satu gitu? kata Jay-Z.

”Masalahnya, KKPK mau dibubarin choy…” koar Soulmate. Jay-Z kaget. Marah. Saking menahan geram, dengkulnya bergetar hebat.

Selama ini KKPK adalah ekskul wadah kegiatan yang mengajak siswa untuk hidup bersih dan sehat. Jay-Z banyak mendapat mendapat manfaat dengan adanya KKPK.

Dulu Jay-Z rambutnya apek dan berkutu. Bikin nggak sehat. Setelah adanya KKPK, kutu itu dibersihkan. Dengan hidup sehat dan bersih dari kutu, Jay-Z justru merasa nyaman.

Sayangnya, banyak komunitas dan kelompok yang malah membudidayakan kutu busuk. Di berbagai aspek, masalah kutu ini sulit diberantas.

KKPK ditentang karena dianggap memangkas adanya kutu. Doi Pendukung Rambukutuan (DPR) malah sempat mengembangkan wacana untuk memangkas kewenangan KKPK. Menyedihkan.

Jay-Z lalu menenangkan Soulmate. “Loe tenang ajah bro. Gue bakal mengumpulkan 199 lebih dikit tanda tangan untuk gerakan SAVE KKPK…” ucap Jay-Z.

Keesokan hari ruang ekskul KKPK diduduki para anggota ekskul DPR (Doi Pendukung Rambukutuan).

Namun, di dalam para loyalis pendukung KKPK sudah menunggu. Hari itu sangat mencekam. Beberapa siswa terlihat membawa duren. Suatu buah yang amat berbahaya jika dilemparkan ke arah orang lain. Apalagi kalau mengenai kepala. Bisa berabe.

Nuansa tawuran sudah tercium. Bahaya!

http://samuderaislam.blogspot.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Eko Prasetyo sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Endang Supriatna, S.Pd. | Guru
Ingin bergabung pada web yang sangat bermanfaat bagi ummat ini. Semoga web ini benar -benar menjadi media ukhuwah dan penebar ilmu. Amien.
KotaSantri.com © 2002 - 2019
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0537 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels