HR. At-Tirmidzi : "Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu. Maka barangsiapa mengambil warisan tersebut, ia telah mengambil bagian yang banyak."
Alamat Akun
http://jampang.kotasantri.com
Bergabung
17 April 2012 pukul 17:47 WIB
Domisili
DKI Jakarta - DKI Jakarta
Pekerjaan
PNS
Tulisan Rifki Lainnya
Lelaki yang Tak Pernah Melihat Anaknya
8 Desember 2013 pukul 22:00 WIB
Dua Sisi
2 Desember 2013 pukul 20:00 WIB
Nawaytu
18 November 2013 pukul 19:00 WIB
Sakit Itu Mahal!
6 November 2013 pukul 18:00 WIB
Langit Shubuh
1 November 2013 pukul 22:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Percik

Jum'at, 13 Desember 2013 pukul 20:00 WIB

Berbagi Apa yang Dimiliki

Penulis : Rifki

Di dalam adegan sebuah film kartun, salah satu tokohnya mengucapkan kalimat yang kurang lebih seperti ini, “Tak penting dari mana pengetahuan itu kau dapat, yang terpenting adalah di mana pengetahuan itu kau terapkan.”

Perkataan itu diucapkan sang tokoh kepada temannya, karena dia melihat temannya itu tidak percaya diri, karena apa yang dilakukan temannya bukan murni hasil kreatifitas sendiri, melainkan hasil bimbingan dan ajaran orang lain.

Dalam hidup ini, kita sering mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan dan pengalaman itu bisa kita dapatkan ketika masih sekolah ataupun ketika kita menjalani hidup ini sehari-hari. Sadar atau tidak, ada sesuatu yang kita peroleh. Hanya saja kita tidak bisa selalu merasakannya, karena apa yang kita dapati itu mungkin kita anggap kecil, sesuatu yang remeh, dan kita menganggapnya tidak memilik nilai apa-apa.

Seandainya kita mau merenung sejenak, mungkin akan menemukan bahwa pengetahuan dan pengalaman yang kita anggap tidak bernilai itu, bisa jadi akan bernilai besar bagi orang lain. Sebagai contoh, kemampuan kita mengajarkan membaca dan menulis huruf hijaiyah akan sangat bernilai bagi orang-orang di sekitar kita yang tidak bisa membaca Al-Qur'an. Bila kemampuan itu kita bandingkan dengan orang-orang yang sudah hafizh Al-Qur'an, tentulah tidak ada apa-apanya.

Pengetahuan dan pengalaman itu akan sangat berguna apabila mampu mengubah orang yang semula tidak tahu menjadi tahu. Pengetahuan dan pengalaman itu akan sangat berguna apabila mampu mengubah orang yang selama ini lupa menjadi ingat. Selanjutnya, kita bisa menuju suatu keadaan yang lebih baik bersama-sama.

Sebuah hadits Rasulullah Shallallaahu alaihi Wasallam menyatakan, “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Rifki sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Eko Prasetyo | Editor Bahasa
Tulisan-tulisan di KotaSantri.com bagus dan sering dijadikan acuan oleh banyak pembaca. Saya memahaminya karena kebetulan juga berkecimpung di media serta punya banyak teman pembaca KotaSantri.com.
KotaSantri.com © 2002 - 2019
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0558 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels