QS. Luqman:17 : "Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). "
Alamat Akun
http://fauziah_humaira.kotasantri.com
Bergabung
6 November 2010 pukul 06:09 WIB
Domisili
Banda Aceh - Nanggroe Aceh Darussalam
Pekerjaan
mahasiswa
optimist but realistic n logic
fziah05@ymail.com
http://facebook.com/fauziah humaira
http://twitter.com/sihaizirah
Tulisan Fauziah Lainnya
Little Bird
18 Maret 2013 pukul 17:00 WIB
Untuk Keteguhan Hatimu
4 Maret 2013 pukul 17:00 WIB
Langkah Sang Juara
26 Februari 2013 pukul 12:00 WIB
There is a Voice
18 Februari 2013 pukul 15:00 WIB
Hidup Sehat Bebas Obat
16 Februari 2013 pukul 15:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Percik

Selasa, 19 Maret 2013 pukul 10:30 WIB

Sumpah Serapah

Penulis : Fauziah Humaira

Kata-kata jijik dan kotor, merendahkan orang lain dan menghina, juga masih banyak lagi hal-hal yang biasa dikategorikan berbentuk sumpah serapah. Tidak sulit untuk menemukannya, di sudut manapun kita bisa dengan mudah menemukan sumpah serapah. Mulai dari dunia nyata sampai ke dunia maya. Jika di dunia nyata penyebarannya agak sedikit terlambat, maka dunia maya menyebarkan sumpah serapat secepat kilat dan sangat sulit membendungnya.

Apakah negeri kita ini negeri sumpah serapah? Tidak hanya kebetulan saja sumpah serapah itu terbuang dan tercecer di sana-sini. Kata-kata bagaikan misteri dapat tertanam dalam ingatan dan membawa efek yang sangat besar terhadap tindakan yang kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Bayangkan saja hari ini kita berkata baik kepada seseorang dan orang tersebut senang dan terkesan, sehingga pada saat kapanpun di masa depannya dia akan merasakan kegembiraan yang sama. Namun apa jadinya kalau kata-kata itu terkesan menyakitkan? Seumur hidup seseorang akan terkesan dengan kata-kata yang telah kita ucapkan itu dengan kesan yang tidak menyenangkan.

Masaru Emoto bersama seorang rekannya Kazuya Ishibashi, peneliti terkenal dari Jepang, dalam bukunya The True Power of Water telah mengungkapkan kekuatan kata bukan hanya berpengaruh pada manusia sebagai makhluk hidup saja, namun juga pada air yang sangat dekat dengan manusia. Ternyata air yang tercipta bukan sebagai makhluk hiduppun memberikan pengaruh besar terhadap kata-kata. Ini merupakan bukti bahwa kata-kata itu sangat berpengaruh dan membawakan efek tertentu terhadap objek tujuannya.

Ingatlah sebuah ungkapan, "Jika ingin menebang pohong yang sangat banyak, maka akan sangat melelahkan. Solusinya cukup semburkan sumpah serapah saja setiap hari di hadapan pohon-pohon itu. Tidak akan lama pohon-pohon itu bisa bertahan, lama kelamaan pasti akan kering lalu mati."

Begitulah dahsyatnya efek dari kata-kata. Tidak berlebihan jika kata-kata kotor itu bisa menjadi pembunuh berdarah dingin atau sebagai senjata pembunuh rahasia. Jika sumpah serapah itu tetap berlangsung dalam jangka waktu lama dengan tujuan saling mengejek atau merendahkan sesame manusia, bisa jadi seseorang akan mati hanya karena mendengarkan kata-kata yang tidak diharapkan atau mungkin mati hatinya. Jika manusia telah mati hatinya, bagaimana bisa menikmati kehidupan ini yang hanya bisa dirasakan dengan hati yang hidup?

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Fauziah Humaira sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Rahmad Syamsu W | mahasiswa
Heeebbatt.... Sesuai motto dari KSC, "menebar senyum merajut ukhwah", semoga KSC ini bermanfaat bagi kita semua ikhwan dan akhwat yang ingin merajut ukhuwah.
KotaSantri.com © 2002 - 2024
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 1.4634 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels