QS. Al-'Ankabuut : 64 : "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui."
Alamat Akun
http://sofyan.kotasantri.com
Bergabung
14 Februari 2010 pukul 20:51 WIB
Domisili
Merangin - Jambi
Pekerjaan
Mahasiswa
Ya Robb, Terima kasih atas hembusan nafas setiap detiknya..
http://www.sofyanarif.web.id/
emsofyan.arif@gmail.com
vyan_arief@yahoo.co.id
sofyan.arif45
http://facebook.com/soefyanarif
http://twitter.com/sofyan_arif
Tulisan Muhammad Lainnya
Manusia yang Ditakjubi oleh Allah SWT
24 Agustus 2012 pukul 13:00 WIB
Surau Kami Tinggal Nama
20 Agustus 2012 pukul 12:45 WIB
Berjuanglah, Sobat
6 Agustus 2012 pukul 15:00 WIB
Ya Rabb, Sudilah Sapa Hamba-Mu Ini
23 Juli 2012 pukul 14:00 WIB
Keraslah Mendidik Diri Sendiri
13 Juli 2012 pukul 11:15 WIB
Pelangi
Pelangi » Percik

Jum'at, 21 September 2012 pukul 12:00 WIB

Menghilangkan Kesusahan

Penulis : Muhammad Sofyan Arif

Sering kita merasa susah dalam menjalani hidup. Banyak sekali masalah yang kita hadapi, bahkan masalah itu datang silih-berganti. Yang satu baru selesai masalahnya, muncul lagi masalah yang baru. Itulah kehidupan dan sebuah hal yang pasti karena dalam kehidupan akan ada masalah, namun setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Banyak sekali jalan untuk keluar dari masalah dan kesusahan dalam hidup.

Ada 3 hal yang dapat menghilangkan kesusahan, yaitu : Pertama, Dzikrullah, ingat kepada Allah SWT. Kedua, berjumpa dengan para Alim Ulama. Ketiga, mau mendengarkan nasihat yang baik dari para ulama, guru, dan orang-orang yang shaleh.

Tiga hal di atas jika kita lakukan, maka kesusahan tersebut akan hilang. Pertama, dengan mengingat kepada Allah, maka hati akan menjadi tenang. Tidak takut dengan cobaan yang ada, yang ada hanyalah bagaimana menghambakan diri kepada Allah dengan cara menjalankan apa yang diperintahkan dan senantiasa semaksimal mungkin menjauhi apa yang dilarang oleh-Nya.

Kedua, bertemu dengan para alim ulama niscaya hati menjadi senang, karena terpancar dari para alim ulama sebuah kelembutan hati, kesejukan jiwa. Sehingga ketika berjumpa dengannya, maka yang tertinggal hanyalah kedamaian hati.

Ketiga, mau mendengarkan nasihat yang baik dari para ulama, guru, orang-orang yang shaleh. Nasihat-nasihatnya pasti mengandung kebaikan dan akan memberikan solusi atau jalan keluar dari masalah. Ketika kita mau menerima nasihat dan mau mendengarkan apa yang diberikan, maka kita akan merasa tenteram hatinya dan kesusahan sedikit-demi sedikit akan menjadi hilang.

Semoga kita menjadi hamba-hamba yang jauh dari kesusahan. Aamiin.

http://www.sofyanarif.web.id/

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Muhammad Sofyan Arif sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

salman dikz | Karyawan
KotaSantri.com... Ya Allah, kereeeen. Tooop daaaaah.
KotaSantri.com © 2002 - 2019
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0804 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels