Pelangi » Muslimah | Kamis, 5 Desember 2013 pukul 20:00 WIB

Menjaga Kemuliaan Diri di Tempat Kerja

Penulis : Ratu Karitasurya

Di tengah kehidupan masyarakat yang semakin berkembang dan dinamis, disertai kebutuhan ekonomi yang terus meningkat, banyak muslimah yang akhirnya turut bekerja dan ikut membantu suami mencari nafkah.

Tentunya Islam sebagai agama yang sempurna dan komplit memberikan petunjuk dan arahan apa dan bagaimana sebaiknya muslimah bekerja. Bagi kita seorang muslimah, ada kaidah-kaidah syar’i yang perlu diperhatikan ketika bekerja di luar rumah untuk menghindari berbagai efek negatif yang mungkin muncul.

1. Mengenakan pakaian syar’i yang diwajibkan Allah untuk menutupi aurat serta menjaga kehormatan dan kemuliaan.

2. Tempat kerja tidak membaur dengan kaum lelaki dalam bentuk yang bisa menimbulkan kerusakan. Sementara jika berinteraksi dengan kaum lelaki, tetap mengindahkan kaidah-kaidah syar’i.

3. Pekerjaan yang dilakukan harus halal dan tidak bertentangan dengan nash-nash syari'at. Misalnya, mereka tidak boleh bekerja di tempat-tempat pemicu perbuatan keji, maksiat, dan lainnya yang diharamkan Allah.

4. Memenuhi adab wanita muslimah ketika ke luar rumah, dalam berpakaian, berjalan, berbicara, dan melakukan gerak-gerik. Seperti yang dijelaskan oleh ayat Al-Qur'an, “Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya.’” (QS. An-Nur : 31).

5. Janganlah pekerjaan atau tugasnya itu mengabaikan kewajiban-kewajiban lain yang tidak boleh diabaikan, seperti kewajiban terhadap suaminya atau anak-anaknya yang merupakan kewajiban pertama dan tugas utamanya.

Nah, dengan mengingat dan mengamalkan poin-poin tadi, Insya Allah kita bisa bekerja dengan tenang dan bisa berprestasi.

Diambil dari elzatta.com

KotaSantri.com 2002-2022