HR. At-Tirmidzi : "Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu. Maka barangsiapa mengambil warisan tersebut, ia telah mengambil bagian yang banyak."
Alamat Akun
http://karitasurya.kotasantri.com
Bergabung
21 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Bekasi - Jawa Barat
Pekerjaan
Ibu Rumah Tangga
http://karitasurya.multiply.com
ratu_karitasurya
Tulisan Ratu Lainnya
Masuk Neraka karena Kucing
26 November 2013 pukul 21:00 WIB
Jenis Wirausaha yang Cocok untuk Wanita
24 Oktober 2013 pukul 21:00 WIB
Karakteristik Rumah Tangga Islami
19 Oktober 2013 pukul 19:00 WIB
Bersiap Menghadapi Kehilangan
3 September 2013 pukul 23:00 WIB
Golongan Perempuan Penghuni Surga
15 Agustus 2013 pukul 22:22 WIB
Pelangi
Pelangi » Keluarga

Sabtu, 30 November 2013 pukul 19:00 WIB

Wirausaha bagi Ibu Rumah Tangga

Penulis : Ratu Karitasurya

Keinginan untuk merdeka secara finansial atau membantu keuangan keluarga, mendorong ibu rumah tangga ikut berusaha, baik yang bekerja di kantor maupun menekuni berbagai jenis bisnis. Memang keputusan untuk bekerja atau memulai bisnis bagi ibu rumah tangga bukan pilihan mudah, sekalipun tidak bisa dipungkiri sekarang ini terbuka peluang usaha untuk ibu rumah tangga agar bisa membantu menambah pemasukan kas keuangan keluarga, sekalipun hal itu tidak mudah.

Hal tersulit bagi ibu rumah tangga adalah menghadapi dilema itu sendiri saat harus memilih antara menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga secara total. Bagi yang nyaman dengan pendapatannya dari hasil bekerja atau merasa penghasilan keluarga dari suaminya saja belum cukup, mungkin akan lebih memilih karir. Tapi keputusan itupun sebenarnya bukan berarti tidak ada masalah. Apalagi ketika anak-anaknya masih kecil misalnya.

Bagi yang ingin merasakan peran penuh sebagai seorang istri atau ibu, ingin mengamati dan mengalami sendiri tumbuh kembang anaknya, kemungkinan akan lebih memilih menjadi ibu rumah tangga. Lalu, apakah menjadi ibu rumah tangga secara total tidak bisa produktif atau menghasilkan uang untuk membantu kondisi keuangan keluarga? Jawabannya tentu saja tidak. Artinya, menjadi ibu rumah tangga pun bisa produktif, asalkan Anda mempunyai kemauan.

Saat ini ada begitu banyak peluang usaha bagi ibu rumah tangga. Manfaatkanlah kreativitas dan latar belakang pendidikan Anda untuk itu. Hasilnyapun bisa Anda nikmati secara bersamaan, yaitu bisa mengawasi perkembangan anak sekaligus juga bisa mendapatkan tambahan keuangan, lebih dari itu aktualisasi diri pun bisa tercapai.

Bahwa di mana ada kemauan di situ akan ada jalan, juga berlaku untuk ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha. Langkah awal untuk mencari inspirasi bisa dimulai dari mengamati keadaan lingkungan, mengamati kebutuhan dan ketersediaan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan itu. Dari sana akan menemukan jalan, bidang apa yang bisa digarap sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Kemampuan di sini menyangkut latar belakang pendidikan, keberadaan lokasi, dan pengetahuan dasar tentang bagaimana caranya memulai usaha. Bila dengan cara pengamatan seperti itu, Anda tetap merasa kesulitan, Anda bisa berselancar di internet mencari sumber inspirasi jenis usaha apa yang bisa Anda lakukan dengan tidak terlalu menyita waktu untuk mengurus anak dan rumah tangga.

Terutama di jaman seperti saat ini dimana keberadaan uang begitu sangat dibutuhkan dalam setiap kehidupan semua manusia. Sehingga setiap dari kita akan berusaha untuk mendapatkan uang dengan sebanyak mungkin dengan cara apapun juga.

Juga bagi para ibu rumah tangga yang hanya berada di dalam rumah tanpa harus bekerja secara formal ke tempat kerja. Tentunya mereka akan sangat ingin untuk menambah pendapatan keluarga yang dihasilkan dari suami. Namun dengan tetap memiliki kemampuan untuk dapat mengurusi rumah tangganya dan juga anaknya.

Inilah kelebihan dari usaha yang dijalankan oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Mereka tetap dapat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari apa yang mereka lakukan di rumah. Namun juga masih dapat untuk mengurusi anak dan rumahnya tanpa harus keluar rumah ataupun harus meninggalkan anak kepada pembantu atau pengasuh.

Sejatinya seorang ibu rumah tangga akan dapat mengeksplore kemampuannya untuk dapat menggali apa yang ada di dalam dirinya. Sehingga nanti akan didapatkan sebuah ide cemerlang akan usaha apa yang akan dijalankan guna membantu perekonomian keluarganya.

Terutama wanita yang memang memiliki kelebihan atau kemampuan di satu bidang tertentu, pastilah akan dapat untuk membangun sebuah usaha di dalam rumah tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagi ibu dan juga seorang istri.

Dari anneahira.com

http://karitasurya.multiply.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Ratu Karitasurya sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

lila | mahasiswa
Saya sangat senang sekali bisa bergabung dengan KotaSantri.com, karena saya sendiri memang santri.
KotaSantri.com © 2002 - 2017
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0792 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels