HR. Al Hakim : "Menyendiri lebih baik daripada berkawan dengan yang buruk, dan kawan bergaul yang shaleh lebih baik daripada menyendiri. Berbincang-bincang yang baik lebih baik daripada berdiam, dan berdiam adalah lebih baik daripada berbicara (ngobrol) yang buruk."
Alamat Akun
http://vivi_hn.kotasantri.com
Bergabung
7 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Hadano - Kanagawa
Pekerjaan
IRT
Keluarga adalah tempat untuk mencurahkan kasih sayang, menaburkan asa, dan menumpahkan keluh kesah. Keluarga bisa menjadi syurga dunia, bila diisi oleh orang-orang yang sholih dan sholihah. Keluarga adalah impian setiap insan, tempat berkembangnya putik-putik bunga..hingga mekar dan menebarkan wangi ke selilingnya..itulah keluarga barokah...
http://hifizahn.multiply.com
Tulisan Hifizah Lainnya
Parenting in the West (3)
28 Juli 2012 pukul 10:00 WIB
Parenting in the West (2)
16 Juni 2012 pukul 11:30 WIB
Parenting in the West (1)
7 Mei 2012 pukul 11:45 WIB
Lima Doktor, Sebuah Untaian Syukur
3 April 2012 pukul 09:09 WIB
Belajar Menjadi Ibu Bijaksana
3 Desember 2011 pukul 10:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Keluarga

Sabtu, 15 September 2012 pukul 10:00 WIB

Parenting in the West (4)

Penulis : Hifizah Nur

Prinsip-prinsip dasar tarbiyah yang paling baik adalah yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui oleh orangtua adalah sebagai berikut :

2. Faktor-faktor Penting yang Mempengaruhi Kepribadian Anak

Ada 3 Faktor penting yang mempengaruhi kepribadian anak, yaitu suasana di dalam keluarga, posisi anak di tengah keluarga, dan metode training (pendidikan).

2.1. Suasana di dalam keluarga.

Keluarga adalah lingkungan pertama dan memiliki pengaruh yang besar terhadap anak. Hubungan orangtua membentuk pola seluruh hubungan di dalam keluarga. Bila orangtua saling menghormati, menyayangi, dan saling mencintai, jika orangtua memiliki rasa toleransi, dan jika orangtua saling berlaku lembut di antara mereka, perilaku ini akan terefleksi dalam kepribadian anak.

Mendisiplinkan anak adalah kewajiban yang harus ditanggung ayah dan ibu. Ayah tidak boleh meremehkan perintah ibu yang terkait dengan disiplin tanpa lebih dulu mendiskusikannya dengan ibu. Hal ini tidak boleh dilakukan di hadapan anak-anak.

Dalam beberapa kasus, ayah sama sekali tidak melakukan apa-apa untuk mendidik anak-anaknya. Sang ayah bahkan mengganggu proses pendidikan anak-anak dengan meremehkan perintah ibu di hadapan anak-anaknya. Di sisi lain, sang ibu sama sekali tidak melakukan apa-apa untuk anak-anak, dan ketika mereka ingin melakukan sesuatu, sang ibu meminta anak untuk menunggu sampai ayah pulang dari kantor.

Kedua perilaku ini salah. Kedua orangtua harus punya rencana tarbiyah (pendidikan) yang dipelajari dan disetujui bersama. Orangtua harus mengantisipasi dan memimpin proses tarbiyah, bukannya tertinggal dan reaktif terhadap setiap perilaku anak.

Sikap dalam keluarga terhadap penggunaan uang, prestasi dan usaha, sukses dan kontribusi, sikap terhadap suku dan bangsa lain serta perbedaan di dalamnya, seluruhnya diamati dan terserap ke dalam jiwa anak.

Bersikap adil kepada semua anak, tidak pilih kasih akan memberikan kontribusi positif terhadap kepribadian anak akan menyehatkan suasana di dalam keluarga.

Kerjasama kedua orangtua dan anggota keluarga lain adalah hal positif lain, yang membantu terbentuknya kepribadian yang baik untuk anak-anak. Bersikap moderat terhadap berbagai hal akan membuat kepribadian anak-anak menjadi seimbang.

Hal yang penting dari pendidikan agama adalah harus terogranisir dengan baik. Mempraktekan ajaran Islam di hadapan anak-anak dan menyediakan suasana yang Islami di dalam rumah adalah suatu hal yang penting untuk menghubungkan anak-anak dengan Allah.

Anak-anak belajar bermasyarakat melalui hubungan di antara kedua orangtuanya. Di setiap keluarga, anak-anak akan memiliki karakteristik tertentu. Mereka adalah ekpresi suasana di dalam keluarga. Namun, semua anak di keluarga tidaklah sama. Setiap anak adalah unik.

Diringkas dari Parenting in the West (in Islamic Perspective) - Dr. Erkam & Mohamed Rida Beshir

http://hifizahn.multiply.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Hifizah Nur sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Lia Juliana | Staf Purchasing
My fav situs nih.
KotaSantri.com © 2002 - 2020
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0522 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels