HR. At-Tirmidzi : "Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu. Maka barangsiapa mengambil warisan tersebut, ia telah mengambil bagian yang banyak."
Alamat Akun
http://vivi_hn.kotasantri.com
Bergabung
7 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Hadano - Kanagawa
Pekerjaan
IRT
Keluarga adalah tempat untuk mencurahkan kasih sayang, menaburkan asa, dan menumpahkan keluh kesah. Keluarga bisa menjadi syurga dunia, bila diisi oleh orang-orang yang sholih dan sholihah. Keluarga adalah impian setiap insan, tempat berkembangnya putik-putik bunga..hingga mekar dan menebarkan wangi ke selilingnya..itulah keluarga barokah...
http://hifizahn.multiply.com
Tulisan Hifizah Lainnya
Parenting in the West (2)
16 Juni 2012 pukul 11:30 WIB
Parenting in the West (1)
7 Mei 2012 pukul 11:45 WIB
Lima Doktor, Sebuah Untaian Syukur
3 April 2012 pukul 09:09 WIB
Belajar Menjadi Ibu Bijaksana
3 Desember 2011 pukul 10:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Keluarga

Sabtu, 28 Juli 2012 pukul 10:00 WIB

Parenting in the West (3)

Penulis : Hifizah Nur

Prinsip-prinsip dasar tarbiyah yang paling baik adalah yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui oleh orangtua adalah sebagai berikut :

1. Memahami Anak Kita

Agar kita bisa memotivasi anak-anak kita dengan cara yang baik, maka kita perlu memahami kondisi psikologis anak.

Setiap perilaku manusia, baik orang dewasa ataupun anak-anak, didorong oleh dua hal, yakni Kebutuhan untuk diakui (diterima) dan kebutuhan untuk mendapatkan perhatian.

Kebutuhan untuk diterima oleh lingkungan sekitarnya adalah kebutuhan mendasar dari anak-anak. Di rumah, di sekolah, atau di tempat-tempat mereka beraktivitas, anak-anak ingin mendapatkan tempat yang khusus untuk mereka sendiri. Secara tidak sadar, mereka mengulangi perilaku yang membuat mereka mendapatkan perhatian, dan menghilangkan perilaku yang membuat mereka merasa ditinggalkan.

Setiap orang merasa mereka termasuk ke dalam suatu kelompok, jika mereka memiliki cirri-ciri yang sama dengan anggota kelompok tersebut. Aktivitas yang sama menciptakan tali hubungan di antara orang-orang yang melakukannya.

Dalam memenuhi kebutuhan untuk diterima ini, ada baiknya orangtua untuk mengikutsertakan anak-anak ke dalam ekstrakulikuler, asalkan kegiatan tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Misalnya kegiatan olahraga, pramuka, klub memasak, dan lain-lain.

Hal lain yang bisa dipertimbangkan juga membolehkan anak-anak untuk menonton acara olah raga di tv, agar mereka bisa mengikuti obrolan teman-temannya di sekolah.

Sebagai tambahan, anak-anak memiliki kebutuhan untuk diperhatikan. Kalau mereka tidak mendapatkan perhatian ketika berlaku baik, maka mereka akan mencoba mendapat perhatian dengan cara-cara yang buruk. Bagi anak-anak, lebih baik berlaku nakal tapi diperhatikan, daripada menjadi anak baik, tapi didiamkan oleh orangtua mereka.

Anak-anak adalah pemerhati yang handal. Namun mereka suka salah dalam mengartikan apa yang mereka lihat. Misalnya, anak-anak bisa berperilaku seperti bayi ketika adiknya lahir. Orangtua bisa memperbaiki perilaku ini dengan cara memberi perhatian lebih kepada mereka, dan mengikutsertakan anak-anak untuk mengurus adiknya.

Penting juga bagi orangtua untuk memperhatikan bagaimana anak-anak bereaksi ketika menghadapi masalah, misalnya ketidakmampuan dalam belajar atau pindah ke lingkungan baru. Anak-anak yang memiliki harga diri yang tinggi, yang didapat dari pola didik yang baik, akan bekerja keras untuk mengatasi masalah itu.

Anak-anak yang tidak memiliki harga diri akan menyerah, dengan cara tidak bisa bergabung dengan teman-teman yang lain, atau mengikuti apapun yang dilakukan oleh teman-temannya, tidak peduli hal itu baik atau buruk.

Diringkas dari Parenting in the West (in Islamic Perspective) - Dr. Erkam & Mohamed Rida Beshir

http://hifizahn.multiply.com

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Hifizah Nur sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Mumtahah Annisa | Ibu Rumah Tangga
Di sini tempatnya kalau ingin berdiskusi sama teman-teman yang asyik banget.
KotaSantri.com © 2002 - 2020
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0524 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels