HR. Ahmad : "Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan baik amalannya."
Alamat Akun
http://arry_rahmawan.kotasantri.com
Bergabung
4 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Bogor - Jawa Barat
Pekerjaan
Creative Writer and Blogger
Arry Rahmawan lahir di Tangerang, 5 Desember 1990. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia. Saat ini kesibukannya sebagai penulis di http://arryrahmawan.net, berbagai jurnal, majalah, buletin, dan telah menerbitkan 5 buah buku. Pendiri dan direktur dari CerdasMulia Leadrrship and Training Center (cerdasmulia.com) ini juga aktif sebagai pembicara seminar nasional di berbagai daerah di …
http://arryrahmawan.net
contact@arryrahmawan.net
arry.rahmawan@gmail.com
arry_tiui09
arry.rahmawan@windowslive.com
arry.rahmawan@gmail.com
http://twitter.com/arryrahmawan
Tulisan Arry Lainnya
Sumber Kebahagiaan Hidup
26 Juli 2013 pukul 20:00 WIB
Bermitra dengan Allah
20 Juli 2013 pukul 19:00 WIB
Belajar dari Orang Sukses
14 Juli 2013 pukul 21:00 WIB
Sukses atau Belajar
8 Juli 2013 pukul 21:00 WIB
Mengatasi Rasa Malas Menulis
5 Juli 2013 pukul 22:00 WIB
Pelangi
Pelangi » Jurnal

Sabtu, 27 Juli 2013 pukul 20:20 WIB

Belajar Membentuk Hidup Seimbang

Penulis : Arry Rahmawan

Membentuk hidup seimbang memang memerlukan tantangan tersendiri. Berbagai macam aktivitas yang ada seringkali membuat kita merasa kekurangan waktu untuk bisa hidup dengan seimbang. Dulu, pada waktu awal menjadi seorang trainer, saya justru lupa untuk fokus menjaga kesehatan fisik yang akhirnya fisik jadi ringkih dan mudah sakit. Waktu itu yang dipikirkan hanyalah bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan justru malah menjadi lupa untuk berolahraga. Namun untunglah sekarang sudah jauh lebih baik.

Setidaknya ada 6 aktivitas (paling sedikit) yang perlu kita lakukan agar hidup kita menjadi seimbang. Aktivitas tersebut antara lain adalah,

Aktivitas Spiritual : Aktivitas pencarian makna hidup dan mendekatkan diri dengan sang Pencipta, seperti mengaji, berdo'a, beribadah secara khusus, dan lain sebagainya.

Aktivitas Intelektual : Aktivitas untuk meningkatkan kapasitas berpikir, menganalisis, dan bertindak. Seperti belajar untuk meningkatkan expertise (apa expertise Anda?), membaca buku, ikut kursus atau kuliah, belajar ilmu bisnis, menciptakan karya, dan lain sebagainya.

Aktivitas Sosial : Aktivitas untuk meningkatkan rasa kebersamaan hidup dengan lingkungan dan orang lain, seperti berorganisasi, bergaul, mengikuti aktivitas networking, menghadiri undangan atau acara tertentu, dan beramal (menolong orang lain).

Aktivitas Fisik : Aktivitas untuk meningkatkan kesehatan, daya tahan, dan produktivitas tubuh, seperti berolahraga, makan-makanan yang sehat, minum multivitamin, dan lain sebagainya.

Aktivitas Keluarga : Aktivitas untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, seperti silaturrahim, berlibur bersama, bercengkrama, dan sebagainya.

Aktivitas Keuangan : Aktivitas untuk menyehatkan kondisi keuangan Anda, seperti berbisnis atau bekerja.

Nah, keenam aktivitas ini adalah seminimal-minimalnya aktivitas agar kita bisa hidup seimbang. Saya sendiri sampai saat ini masih terus berjuang agar keseimbangan hidup bisa tercapai.

http://arryrahmawan.net

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

Yussi | Karyawati
Subhanallah sekali bisa bergabung di KotaSantri.com. Barakallah...
KotaSantri.com © 2002 - 2021
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0628 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels