Pelangi » Cermin | Selasa, 29 Oktober 2013 pukul 23:00 WIB

Jangan Sepelekan yang Kecil

Penulis : Jamil Azzaini

Bertemu dengan orang bijak, pastilah banyak manfaatnya. Di sela-sela kesibukan, saya selalu ingin bertemu sekaligus berguru dengan mereka. Dari merekalah saya mendapat banyak inspirasi dan hikmah-hikmah kehidupan. Salah satu contohnya cerita, “Jangan Sepelekan yang Kecil” berikut ini.

Dahulu, ada seorang raja yang memerintahkan kepada setiap rakyatnya untuk membawa satu sendok madu dan dimasukkan ke dalam bejana yang telah disiapkan di atas bukit pada malam hari yang telah ditentukan. Semua rakyat menyambut dengan antusias titah sang raja.

Namun, ada seorang rakyatnya yang nakal, bandel, dan juga iseng. "Ah, kalau saya membawa satu sendok air khan tidak ketahuan. Rakyatnya banyak dan dimasukkan ke dalam bejana di malam hari, petugasnya tidak akan ada yang tahu. Lagian cuma satu sendok, tidak akan mempengaruhi kualitas madu," katanya.

Singkat cerita, seluruh rakyat membawa sendok di malam yang sudah ditentukan, termasuk rakyatnya yang nakal dan bandel ini.
Keesokan paginya, sang raja dan semua rakyatnya terkejut karena semua kendi yang disiapkan ternyata berisi air. Rupanya semua rakyat berpikir seperti seorang rakyatnya yang bandel itu. "Ah kecil, sedikit tidak apa-apa."

Jangan-jangan bangsa ini juga sedang dihinggapi 'penyakit' seperti itu. Para pegawai berpikir, “Ah, nggak apa-apa bolos sebentar saja, toh yang lain masih banyak.” Bayangkan, bagaimana jadinya kalau yang berpikiran seperti itu sejuta pegawai di seluruh Indonesia? Berarti sudah terjadi pemborosan jutaan jam kerja!

Hindarilah sekecil apapun keburukan yang kita lakukan, karena boleh jadi yang kecil itu justru bisa mencelakakan Anda dan kita semua.

KotaSantri.com 2002-2019