HR. At-Tirmidzi : "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari hati yang tidak pernah tunduk, dari do'a yang tidak didengar, dari jiwa (nafsu) yang tidak pernah merasa puas, dan dari ilmu yang tidak bermanfaat."
Alamat Akun
http://rahar_kungfupanda.kotasantri.com
Bergabung
23 Desember 2009 pukul 22:45 WIB
Domisili
Surabaya - Jawa Timur
Pekerjaan
Belajar
utamakan kesederhanaan dan Kasih sayang
http://pandakungfu.webnode.com
rahar30
rahar30
rahar30@yahoo.com
http://twitter.com/rahar30
Catatan Slamet Lainnya
1 TAMPARAN UNTUK 3 PERTANYAAN
5 Maret 2010 pukul 18:44 WIB
Selamat Datang Di Surga
1 Maret 2010 pukul 20:29 WIB
3 Logi sholat sempurna
16 Februari 2010 pukul 22:52 WIB
TIADA KEMULIAAN TANPA ISLAM
27 Desember 2009 pukul 12:47 WIB
Catatan
Selasa, 6 Juli 2010 pukul 09:34 WIB
Surabaya –Suramadu dalam tantangan

Oleh Slamet Joni Raharjo

“Bismillahirrohmanirrohim”, dengan perlahan keluar dari salah salah satu indra yang sengaja di ciptakan oleh Robb penguasa Alam sebagai pelengkap atas penciptaaan-Nya dan juga sebagai pembuka dari tulisan ini …..

Bergetar dengan riang sebuah bolpoin dengan meninggalkan bekas tinta hasil goresan sehingga membentuk hiasan indah yang merupakan refleksi fikiran dari sebuah perjalan panjang …

Jembatan suramadu .>>> memang itu kata yang disudah tak asing lagi bagi saya bahkan, saya terlahir lebih dulu dari jembatan Madu itu…..eh kok madu > suramadu ;)) ., Namun ntah patut dirasa heran bercampur aneh ketika saya ditanya oleh seseorang ( yang telahku anggap sebagai kakak-ku sendiri yang ku kenal dari Kotasantri ini ) .. “dedek pernah pernah ke jembatan suramadu ? ” , Tanya kak Ana (biasa diriku memanggilnya). Akhirnya sambil tersenyum ntah senyum malu atau senyum bangga yang dapat mengubah bentuk wajahku begitu cepatnya , “hehe belum pernah kak”, itulah suara yg kluar dari mulutku.
Tiba-tiba terdesir respon jawaban yang dapat membuyarkan fikiran ,
“ haaaaaaaaa, dedek orang Surabaya tapi kok belum pernah ke suramadu ?” ,Ujar sang kakak .
Akhirnya tertemu suatu kesepakatan akan melakukan perjalan menantang menuju jembatan impian .

Tetesan embun menyapa datangnya pagi seolah mengucapkan salam kepada matahari yang turut menerangi alam ini. Sungguh penciptaan Alloh sangat sempurna tiada satupun makhlukNya yang berani ingkar pada kehendakNya. Tiba – tiba alunan nada terbunyi menyentak membuyarkan lamunan mimpi malam hari, setelah kucari dengan gaya merabah ternyata kutemukan bunyi itu dari spiker kecil sebuah arloji / jam jangan yang biasa kupakai setiap harinya. Setelah kulihat jarum panjang dari arloji itu menunjuk pada angka 1 dan jarum pendek dengan tenang berhenti pada angka 4 .
Akupun tak percaya … kupastikan dengan mendongakkan kepala keatas pada sebuah jam kiranya raksasa bagi semut – semut kecil dan nyamuk yang terbang kesana kemari meramaikan suasa rumah yang kuhuni. Ternya ehh.. ternyata benar sudah menunjukkan pukul 04.00 Wib , dengan ditambah suara merdu yang terlantun dari sound yang terletak di atas surau mushollah dekat rumahku.

Meski sulit rasanya diri ini meninggalkan guling dan bantal kesayangan yang senantiasa menemani tidur ku di waktu malam ,namun dengan mencoba mengucapkan takbir … “Allohu Akbar !!!” diriku pun tersadar .. bahwa saatnya diriku harus bangkit dan merelakan diri untuk berpisah sejenak dengan tempat tidur ..

Setelah lengkap sudah persiapan diriku , kini saatnya kuajak kaki ini menuju tempat kesayangan Tuhanku dan juga sebagai tempat penambah Imanku . Memang dengan sedikit diskusi akhirnya langkah demi langkah atas ridho dan pertolongannya sampai juga ter-antar diriku di Mushollah tempatku mengaji dulu . Sungguh indah hari – hari yang Alloh ciptakan , dengan sambutan adzan fajar mengajak semua insan untuk melangkah kaki – kaki menuju tempat yang bertabur barakah sebelum melakah ke tempat – tempat lainnya. “Subhanalloh… “ , itulah kalimat yang ter-ucap dari bibir basah ku .karena terkena tetesan air wudlu.

… Akupun duduk sambil memegang sebuah benda elektronik kecil yang sangat ber arti bagiku , yang senantiasa kugunakan untuk menghubungi orang tua ku dikala kumencarinya ..stttttttssss.S.sss. (kucup ehh cukup , kok bahas ini .. lanjut …heheh ) ...

Disaat kupegang Benda elektronik itu yang sudah kuberi nama HandPhone hehehe.., (sebenarnya bukan saya yang memberi nama., kata orang sih .. hiks hiks hisk ). Lalu seolah gemetar jari tanganku dilanjutkan pergelangan dan lengan “gubrak” .. Kaged .. Juga yaa .. , ternyata HP ku berdering , lalu kulihat layar HP. Tertulis nama “KSC.Ratna”, wah ternyata dari Mbak Ratna .. diriku bingung kenapa pagi – pagi menelphon ku , adakah kepentingan mendesak ???.... atau mengingatkan akan tagihan sesuatu .. ahhh.. ndak mungkin kan saya ndak pernah punya tagihan sama mbak .nonon …hahaha… hmm ntahlah ..

Tanpa berfikir panjang ku pencet juga tombol berlambang ganggang telpon pada keypad HP-ku . “Wa’alaykum salam warahmatullohi wabarakatuh”, itulah sambutan dariku setelah mendengar salam dari seberang sana …

“Ada apa mbak kok telephon .. ?? “ , Tanya ku .
“Begini dek .tadi barusan mbak, …. Ditelpon Mbak Ana klo mau main ke Surabaya. “, Jawab Mbak Ratna .
“ Oh ya terus ? “ .. Sahudddd dari saya .
“ Tapi , dek………. Saya Besok Ahad ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan .. “, Balas Mbak Ratna
Hmmm .. mengerucut sudah raut wajahku mendengar serpihan kata , seolah membuyarkan semua rencana – rencana yang kusiapkan sebelumnya.
Akhirnya sekilas pula tanganku yang menggengang HP . mencoba meraba nomor – nomor yang tersimpan di memory HP . hmmm ..
“ini dia ketemu“ .. kata dalam hatiku yang mampu didengar oleh telingaku sendiri ..

Lalu kucoba menekan tombol berwarna hijau .. yang berfungsi untuk melakukan panggilan keluar … yuppsss. Kak. Ana yang akan ku hubungi .. , Namun semua usahaku sirna dan tak ber arti . Karena setelah ku hubungi hanya meninggalkan bekas nada Tuttt.. Tak ku temui suara Kak. Ana yang sudah terekam dimemory otak-ku , Tiba – tiba dari seberang terdengar suara membuat hati menjadi bimbang mendengar balasan suara.
… Setelah beberapa menit ku dengar .. mataku di ikuti tubuh se olah ter- tarik gravitasi bumi .. surut kebawah ..
karena mendengar Suara “ Maaf Nomor yang ada hubungi .. tidak dapat menerima panggilan mohon tutuplah telephon anda atau hubungi beberapa menit lagi “, ternyata suara dari customer center yang setia pada pelanggannya.

Beberapa kali ku hubungi kakak. Ndak ada panggilan . Akhir kuputuskan untuk sms . mbak Ratna , ehh ternyata eh ternyata . jawaban sms nya pun sama . Mbak Ana Sulit untuk di hubungi.. . Sedih seolah menjadi bumbu pagi hariku dengan ditaburi kecap manis , saos tomat .dengan sedikit garam dapur. eittttttttssssssss .. salah .. hiks hiks hiks .. lanjutes………..

Hmm .. sempat terbesit .. apa yang terjadi di benua indah kediaman Kak Ana ya ???? .. Kecewa , Pilu , Sedih , ataukah Yang lainnya kerena rencannya untuk pergi ke Surabaya tidak jadi .. huffttt..
Sebenarnya bukan Kak Ana saja yang dibuat sedih .. Namun Saya dan Mbak Ratna Pun Turut berduka Cita .. Cietttttttttt. (bukan suara rem kanvas hehe ) ==salah== .. maksudnya turut bersedih hati karena belum bisa menerima tamu dari luar kota .

Hmmm .. tak terasa sudah siang .. matahari sudah melakukan aktifitas hariannya .. yaitu mengeringkan pakaian , memanaskan jalan – jalan yang telah terkena serangan butiran hujan dan lain- lainnya .. , diriku pun tak mau kalah dengannya, ku ambil tas .. lalu pergi .. ehh… salah lagi .. , ku ambil handuk lalu pergi ke kamar mandi hehehe ( masak kekamar mandi bawa tas hehehe koper kale .biar lebih seru !!! hahahaha …. ).

Setelah berada di tempat kesayangan ku di sebuah tempat penuntut ilmu .. diriku membuka software chat .. yupss Yahoo. Messenger !!!!! ..

Tak lama kemudian kulihat … ID Kak Ana dalam kondisi OnLine ,,
“ Terbesit dari dalam hati .. wah Kak Ana OnLine .. Syukur deh “ ,, ujar ku dalam hati ..

Memang benar Kak Ana pun bercerita klo Mbak Ratna tidak akan bisa … jadi intinya ,
“Kakak tidak jadi ke Surabaya ya Dedek.. “ , kata Kak Ana yang diwakili oleh tulisan dilayar laptopku ..

Tak terbendung sedih mendengarnya karena .. Kak Ana tidak jadi pergi Ke Surabaya .. , merenung sejenak .. dan berfikir .. Tiada yang perlu disalahkan dan tidak ada yang bersalah dari situasi ini ..

Kucoba menenangkan hati ku dengan . berkata bahwa “ ini adalah salah satu dari scenario alloh yang jelas sudah tertulis dalam buku besar .. yang dimana disana terdapat lengkap kejadian seluruh liku – liku kehidupan baik susah maupun senang yang akan tergabung menjadi satu .. ieittt . salah .. tidak ada kata susah .. namun ada dua kehidupan yang diberikan alloh pada makhluknya terutama manusia yaitu . Baik dan Sangat baik “…

Ya .. emang ini adalah jalan yang terbaik yang diberikan Alloh .. mungkin belum saatnya Alloh menerjukan Kak Ana ke Surabaya (hehehe tapi terjunnya nggak pake payung). Ya sudah kucoba chat .. dengan Kak Ana .. sebagai penghibur atas tidak jadinya ke Surabaya ..

Alhamdullilah Kak Ana pun bisa menerima .. apa keputusan Alloh itu .. meskipun saya tahu .. ada sedikit kekecewaan .. yang meletus “Doorrr” . heheh.. tappi meletusnya nggak keluar larvanya …(:P) weeksss.


Sudah kulupakan masalah perjalanan Surabaya Vs Madura . yang hanya jadi impian itu ..
Kak Ana pun demikian .. sampai – sampai menuli judul .. “Surabaya – Madura dalam Impian” . Ku pun sedih membaca judul itu namun.. ku Yakin Alloh akan memberikan jawaban yang indah dibalik semua ini . akhirnya judul itupun ku lawan dengan “Surabaya – Madura dalam tantangan” ..

Ntah Siapa yang akan ditantang olehnya … .??? belum jelas yang pastii.. saya berharap bisa berlayar ke Pulau Madura .. dengan sepeda motor ( hehehe berlayar gaya baru pake roda , tanpa layar lagi hahahaha ) ..

Dipersingkat ya !!!! Setuju ?? ( maaf ya harus setuju hehehe )

3 ( Tiga ) Hari Kemudian …………….
( hehe kayak sinetron aja ,,, lanjutttttt …………. )

Ku ucap salam dari sebuah suara rupanya dari spiker HP ku. Ternyata Mbak Ratna yang menghubungiku .. dan
berkata bahwa “ Dek Saya Ahad tidak jadi ada acara terus gimana ya “ , Sambut Mbak Ratna.

Ntah berubah 3450 (derajat Fahrenhet hmm .. salah . ya tulisanya hmmm . benerin aja sendiri ) .
Suasana dalam tubuh ini menjadi senang .. lalu <” Ya sudah mbak hubungi aja Kak Ana Suruh Kesurabaya”, Sahud saya .
“Oke , “ Balas Mbak Ratna ….. yang menguatkan diri sya bahwa.. sebentar lagi .. impian Melumpuhkan Jalanan sepanjang Suramadu akan jadi kenyataan .

Sungguh maha duahsyat benar, segala susunan perjalanan sudah di atur rapi oleh Nya . masih kecil susunan kehidupan manusia , bahkan susunan alam semesta pun tertata rapi .. mulai perjalanan komet , peredaran asteroid , dan planet pun dalam gengganmannya .

Singkat cerita ( hehehe , Singkat lagi lagi .. )

Kak Ana memberi kepastian kepada Mbak Ratna bawa akan melangkah sandalnya hehe, kok sandal nya ??? .. melangkahkan kakinya ke Kota Ter-Indah yang perna ku miliki , hiks hiks hiks .

Lanjt. …

Hari ini , Tanggal 3 Juli 2010 .. itulah yang tanggal yang menjadi pandangan utama saya waktu melihat Kalender .. yang menjadi pelengkap hiasan rumah .
“ Wah hari ini Kakak akan tiba di surabaya “, desit hati saya .. , tapi sedih juga rasanya . saya tidak bisa ikut menjemputnya .. karena ada amanah besar dari Alloh yang harus saya jalani .

Waktu yang ditunggu telah tiba .. ntah .. bergetarkah… jalan – jalan . yang ku lewati atas kesenganku bisa melakukan dan menjawab tantangan Madura .. dan Jembatannya yang telah diresmikan oleh Orang nomor Satu di Indonesia ini tempo dulu ..

“Sesungguh didalam kesukaran akan ada Kemudahan “, potongan ayat al qur’an tersebut yang telah terkupas diluar kepalaku yang menjadi pondasi semangat diriku . Ya memang kadang kita memohon diberi kemudahaan saja , namun lupa tidak memohon untuk di beri kekuatan . , jika kita hanya memohon kemudahan saja , apakah kita tidak merasa malu berarti kita bisa menakhlukan sesuatu yang mudah – mudah saja .. namun jika memohon kekuatan .. kita akan bisa menakhlukkan segala sesuatu yang sulit sekalipun hehehe tentunya atas ridho dan ijinnya, karena Alloh penentu segalanya bagi manusia , 3B : Berusaha , Bertawakal dan Bersabar .

Ya perjalanan Panjang telah kujalani dengan Kak Ana , Mbak Ratna dan Mas Pujo Shohibi dari Ksc juga yang setia memboncengku naik sepeda Megapro.. bukannya sebagai sopir saya , namun eh tetapi. Klo saya membonceng hehehe (malu) saya tidak bisa mengedarai sepeda megapro .hiks hiks hisks..

Senang bercampur , ceria menjadi satu Meski badan Letih , terik matahari yang kian jadi saksi perjanalan ini seolah menimbulkan bekas dalam diri .yang setia menikmati perjalan suci . ( wuihhh perjalanan suci , emang lagi mencari kita suci ya .. hehehe tapi matuk juga tom sangchongnya adalah om pujo hehehe ).

Naik gunung turun gurun , seketika itu roda sepeda berputar dengan cepatnya ntaahhh berapa RPM-nya ( Rotasi Per Menit). Karena diriku males menghitungnya hehehe..

Tak sengaja diriku meratap dan melihat begitu luas bentanga selat yang menghubungkan .. Pulau Jawa dan Madura ini , namun ada satu yang membuatku heran , “Mengapa kok di lautnya ndak ada tulisan Selat Madura ya ?? “ ( heheh Padahal dulu waktu SD kulihat selat itu di peta terdapat tulisan Selat Madura , Glodakkkssss ) ..

Seketika itu juga ntah , “apa yang terjadi dalam hatiku,.. “ . ( hehehe kayak lagu peterpen aja . huss .. lanjut.. ) ya benar apa yang terjadi dengan hati ini ????.. “ Tanyaku sendiri.. tiba – tiba tiada berdiskusi dengan anggota badan yang lain , kuyakin hanya sebuah meeting kecil dari hati dan mata sehingga menghasilkan .. padangan pudar dari mataku hmm.. ternyata mataku berkaca – kaca >>> ( Maaf , tapi nggak bisa buat ngaca dinkkk.. hehhe) .. maksdnya mata ku biasalah seolaah mengeluarkan cairan ke kayaannya , mungkin karena terharu melihat ciptaan Alloh yang begitu duahsyatnya .. benar juga . semua makhluk dan ciptakaan Alloh selalu bertasbih padanya : Angin , Laut , Ikan , dan lainnya namun mengapa manusia ini seringgg melupakannya … TIDAKlah merasa dibuat malu oleh ciptaan Alloh lainyaa…. Hmm bingung juga kalo sudah memikirkan .masalah umat … ( tapi memang … dakwah tetep harus jalan .. heheh kok malah ceramah .. lanjut ya ceritanya ) …

Pukulll…………… berapa ya ,, hmm nggak tahu ahh. Karena saya lupa membawa arloji mungil ku . jadi ku paksa tangan hanya melihat jam pada layar HP-ku . ternyata pukull ………(maaf , lupa lagi . pukul berapa ya sampe di Maduranya ???.. lupa . hehe kayak judulnya lagu ..).l

Ya sudah membahas yang ingat saja ya … lanjt…..
Dengan memanfaat fasilitas yang disiapkan pada HP-ku saya pun dan kawan - kawan mengabadikan diri dengan sentuhan tombol kecil yang bisa mengubah diri di dunia digital ( yups benar Foto – foto hehehe . afwan belum sempat di upload …. ) .

Jawa – Madura – Jawa – KBS (Kebun Binatang Surabaya) – Taman Istimewa Bungkul – Masjid Al-Akbar yang merupakan Masjid Terbaik No.4 di dunia yusp benar ( “kan Urutan terbaik Masjid di dunia adalah Masjid Baitulloh / Masjidil Haram No 1 <> Masjid Nabawi No 2 <> Masjidil Aqso No 3 <> dan No 4 nya semua masjid di dunia itu sama baik nya waahahahahah ) .. Yups itulah nama – nama daerah yang ku takhlukkan berasa Sohibi KSC Surabaya dan Solo …………

Sungguh Perjalanan yang … Seru !!!! .. yang , yang meninggalkan bekas hikmah di dalamnya , tentunya Hikmah Untuk senantiasa menguatkan Ukhuwah < Iman < dan lain lainnya ..

Terlintas Kata dari Mulutku “ Terima kasih ya , Robb Atas segala Anugerah Mu ..Engkau menjadikan segala dalam ke adaaan Baik – baik saja .. “ .

Yups kepada siapa lagi diri ini Memohon dan berterimakasih kalo bukan Dia Robb yang memiliki Skalar – Skalar kehidupan dan persendian manusia ..

Akhirnya Sahabat Mari kita kUatkAn .uKhuWah. , iMaN dan aQidaH . uNtuK mEnjAwAb .. Tantangan Esok Hari …

Alhamdulillahirobbil ‘alamin..itu kata yang yang seolah menertipkan jari – jemari tangan ku , yang mempunyai arti bahwa .. Tulisan ini sampai disini dulu ………….hehehe …..

Selamat Jalan Kakak . Semoga ada waktu yang Lebih Barakah dan Lebih Baik dari Ini ……………

Aaminnn …

>>> dedek <<<

Bagikan

--- 26 Komentar ---

Anna | Staff UPT Laboratorium
Subhanallah... KotaSantri.com isinya bagus, menarik, dan yang pasti banyak artikel-artikel yang menambah ilmu dan pengalaman.
KotaSantri.com © 2002 - 2021
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0466 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels