Ust. Aam Amiruddin : "Sesungguhnya sepercik kejujuran lebih berharga dari sebongkah cinta. Apa arti sebongkah cinta kalau dibangun di atas kebohongan? Pasti rapuh bukan? Betapa indahnya apabila kejujuran dan cinta ada pada diri seseorang. Beruntunglah Anda yang memiliki kejujuran dan ketulusan cinta."
Alamat Akun
http://arry_rahmawan.kotasantri.com
Bergabung
4 Februari 2009 pukul 13:00 WIB
Domisili
Bogor - Jawa Barat
Pekerjaan
Creative Writer and Blogger
Arry Rahmawan lahir di Tangerang, 5 Desember 1990. Mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia. Saat ini kesibukannya sebagai penulis di http://arryrahmawan.net, berbagai jurnal, majalah, buletin, dan telah menerbitkan 5 buah buku. Pendiri dan direktur dari CerdasMulia Leadrrship and Training Center (cerdasmulia.com) ini juga aktif sebagai pembicara seminar nasional di berbagai daerah di …
http://arryrahmawan.net
contact@arryrahmawan.net
arry.rahmawan@gmail.com
arry_tiui09
arry.rahmawan@windowslive.com
arry.rahmawan@gmail.com
http://twitter.com/arryrahmawan
Tulisan Arry Lainnya
Learn from 3 Idiots
17 Desember 2013 pukul 19:00 WIB
Berita Positif : Berita Negatif = ?
11 Desember 2013 pukul 20:00 WIB
Social Media Etiquette
7 Desember 2013 pukul 22:00 WIB
Perlunya Memiliki Akar yang Kuat
5 Desember 2013 pukul 18:00 WIB
Bilik
Bilik » Pena

Jum'at, 20 Desember 2013 pukul 22:00 WIB

Kiat Menghadapi Writer’s Block

Penulis : Arry Rahmawan

Sewaktu saya mengecek e-mail, ada beberapa pertanyaan dari blogger yang mengeluhkan terkena writer’s block. Writer’s block adalah sebuah istilah yang digunakan pada saat seorang penulis mengalami mampet ide dan bingung apa yang ingin ditulisnya. Saya juga pernah beberapa kali mengalami writer’s block, di mana pada waktu itu saya memang tidak tahu dan bingung apa yang harus saya tuliskan.

Bagi Anda yang memang pekerjaannya menulis atau hobi menulis, sedang diburu deadline, writer’s block tentu bisa menjadi sebuah batu sandungan yang menjengkelkan. Berikut adalah beberapa tips yang saya lakukan pada saat saya mengalami writer’s block:

1. Berbicara dengan Orang Baru

Menemukan orang baru untuk diajak ngobrol atau sharing seringkali memberikan hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya untuk ditulis. Beberapa dari tulisan saya diambil dari pengalaman orang lain dan merupakan salah satu tulisan terbaik di blog saya.

2. Banyak Membaca

Writer’s Block bisa disebabkan karena kita kekurangan ‘bahan baku’ untuk diolah menjadi sebuah cerita yang menarik. Perbanyak kapasitas membaca diri kita, entah dengan membaca harian surat kabar, blog walking, atau buku-buku yang menarik.

3. Corat-Coret di Kertas Kosong

Saat mengalami Writer’s Block, sebelum saya menggunakan Galaxy Note, saya membuat coret-coretan di buku yang berisikan kertas putih kosong (blank) yang membuat saya lebih mudah mengeksplorasi ide menulis. Cara ini bekerja untuk saya, karena dengan kertas kosong tidak ada batas untuk mengekspresikan apa yang ada di pikiran.

Banyak sekali potensi menulis dalam diri kita yang terbuang hanya karena kita gagal menghadapi Writer’s Block dan menyerah saat stuck tidak bisa menulis. Padahal, ilmu yang dituliskan itu jika ditulis dan dibagi kepada orang lain, siapa tahu bisa bermanfaat dan menginspirasi orang untuk menjadi lebih baik. Bukankah begitu?

Selamat menulis!

http://arryrahmawan.net

Suka

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan KotaSantri.com sebagai sumbernya.

al falamiy | pengajar
syukran for KSC, banyak ilmu yang dapat diambil dari KSC. teman KSC dari boyolali ada gak ya?
KotaSantri.com © 2002 - 2017
Iklan  •  Jejaring  •  Kontak  •  Kru  •  Penulis  •  Profil  •  Sangkalan  •  Santri Peduli  •  Testimoni

Pemuatan Halaman dalam 0.0742 Detik

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 3.0.5 dan Resolusi 1024 x 768 Pixels